Sabtu 05 Sep 2015 09:22 WIB

Pengusaha Kapal Belanda Diajak Investasi di Indonesia

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Menperin Saleh Husin mencoba produk sepatu di pameran Gelar Sepatu, Kulit dan Fesyen tahun 2015
Menperin Saleh Husin mencoba produk sepatu di pameran Gelar Sepatu, Kulit dan Fesyen tahun 2015

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak pengusaha kapal Damen Schelde Naval Shipbuilding yang berbasis di Vissingen, Amsterdam untuk berinvestasi di Indonesia.

Perusahaan tersebut merupakan salah satu mitra PT. PAL Indonesia di Surabaya dan keduanya bekerja sama membangun kapal Perusak Kawal Rudal 10514 model korvet/frigate sigma class. 

"Format kerja sama dengan PT. PAL adalah joint production, beberapa modul dikerjakan di Surabaya dan lainnya di Belanda lalu disatukan. Ini membuka kesempatan terjadinya transfer of technology,” ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/9).

Saleh menambahkan, dalam pertemuan dengan Pendiri dan Chairman Damen Schelde Naval Shipbuilding Kommer Damen menyebutkan bahwa pengusaha tersebut agresif melakukan investasi di Asia Tenggara khususnya Vietnam. Untuk itu, Menperin meminta Damen menanam investasi langsung di Indonesia dan mengembangkan industri perkapalan.

”Ke depan, saya ingin ajak Damen bekerja sama ke tingkat yang lebih lanjut yaitu membangun galangan kapal di Indonesia. Saya tegaskan juga bahwa galangan kita yang di Batam, di Surabaya siap bermitra,” kata Saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement