Jumat 04 Sep 2015 07:00 WIB

‎Mendag-Menaker Sepakat Ciptakan Kesempatan Kerja Baru

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Julkifli Marbun
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyambut ajakan kerjasama dari Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri untuk mendorong para pengusaha dan pelaku pasar mencegah PHK. Tidak hanya itu, mereka juga sepakat memicu tumbuhnya  kesempatan kerja baru.

"Kami memerlukan mekanisme yang lebih erat dalam pertukaran data dan informasi antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Ketenagakerjaan untuk dasar pengambilan kebijakan yang tepat, guna menjaga keseimbangan penawaran, permintaan, dan pemasaran tenaga kerja," ucapnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (3/9).

Program penciptaan wirausaha perlu dukungan informasi komunitas (produk barang) yang dibutuhkan pasar, baik dari sisi jenis jumlah dan daerah atau negara. Tak hanya itu, penciptaan wirausaha juga membutuhkan akses pasar bagi wirausaha baru, dan memfasilitasi ekspor untuk produk wirausaha.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menawarkan ide kerjasama agar para TKI yang bekerja di berbagai negara bisa menjadi duta produk, duta perdagangan sekaligus duta budaya dan wisata yang memasarkan Indonesia kepada dunia internasional. Menurut dia, potensi lowongan pekerjaan sebagai TKI formal di negara-negara penempatan harus dioptimalkan. "Ini tentu harus didukung dengan informasi ketenagakerjaan dan informasi kebutuhan pasar luar negeri terutama yang bergerak sektor perdagangan,” ucap Hanif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement