Rabu 19 Aug 2015 13:30 WIB

JK: Industri Mobil Penting untuk Memajukan Bangsa

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Jusuf Kalla
Foto: Republika
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut kendaraan pribadi mobil saat ini menjadi kebutuhan pokok masyarakat Jakarta. Sebab, banyak masyarakat yang semakin membutuhkan kendaraan mobil untuk menunjang kegiatan seharinya meskipun jalanan Jakarta tergolong macet.

"Kalau di Indonesia beda, kebutuhan pokok terjamin dan juga justru mobil sudah jadi kebutuhan pokok. Mobil sudah jadi kebutuhan mendasar," kata JK saat membuka pameran motor Indonesia International Motorshow di Jakarta Expo Centre, Jakarta, Rabu (19/8).

Lebih lanjut, JK menilai dalam keadaan ekonomi yang melemah saat ini, justru penting diselenggarakan pameran untuk menarik daya beli masyarakat.

Kondisi ini berbeda ketika keadaan ekonomi membaik. Sebab, tanpa adanya pameran pun mayoritas masyarakat Indonesia akan membeli kendaraan.

Hal ini terjadi lantaran terjadi peningkatan pendapatan dan kemampuan sehingga kebutuhan mobil meningkat dan menjadi kebutuhan dasar. Oleh karena itu, menurut JK, industri mobil saat ini menjadi penting untuk memajukan bangsa.

Bahkan, JK mengatakan pabrik otomotif di Indonesia saat ini telah menyaingi pabrik otomotif Thailand yang merupakan negara pabrikan mobil terbesar di Asean. Hal inipun dinilainya wajar sebab Indonesia memiliki penduduk yang besar yang membutuhkan moda transportasi yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement