Ahad 16 Aug 2015 00:19 WIB

Daging Mahal, Masyarakat Diminta Ganti Menu Protein

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kacang merah, salah satu sumber protein nabati.
Foto: pixabay
Kacang merah, salah satu sumber protein nabati.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Harga daging sapi yang melonjak drastis ditanggapi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Agus Suherman yang berharap, dengan melonjaknya harga tersebut, masyarakat dapat lebih cerdas untuk mengganti konsumsi daging sapi dengan makanan lain.

Agus mengatakan bahwa selama ini masyarakat menganggap daging sapi sebagai sumber protein hewani utama, padahal ada sumber protein lainnya, yaitu ikan yang juga layak dipertimbangkan. Selain itu, harga ikan segar juga terbilang stabil dan tidak mengalami kenaikan seperti yang dialami daging sapi. ''Masyarakat bisa mengganti daging sapi dengan sumber protein lain seperti ikan atau ayam,'' ujar Agus di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar), baru-baru ini.

Menurut Agus, masih ada sumber protein lain yang berasal dari tumbuhan, yaitu tahu, tempe, nasi merah, dan lainnya. Kelebihan dari protein nabati adalah tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol dibandingkan sumber protein hewani. ''Sebenarnya masih banyak sumber protein lain yang bisa didapatkan, untuk itu saya harap masyarakat dapat menyiasati kenaikan harga daging sapi ini dengan cerdas,'' jelasnya.

Sat ini harga daging sapi melonjak naik hingga Rp 140.000/kg. Kenaikan harga daging sapi ini sampai membuat para pedagang daging melakukan mogok jualan selama empat hari, sejak hari Ahad lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement