Rabu 12 Aug 2015 19:29 WIB

BII-Maybank Foundation Serahkan Beasiswa Rp 17,5 Miliar

Rep: Binti Sholikah/ Red: Djibril Muhammad
BII
Foto: Prayogi/Republika
BII

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) bersama Maybank Foundation, yayasan sosial yang dimiliki pemegang saham mayoritas Malayan Banking Bhd (Maybank), menyerahkan beasiswa kepada 30 pelajar dari 30 provinsi di Indonesia. Para pelajar tersebut berasal dari keluarga prasejahtera.

Penyerahan beasiswa dilakukan Presiden Direktur BII Taswin Zakaria bersama CEO Maybank Foundation En Shahril  dan Komisaris Independen BII Budhi Dyah Sitawati di Kantor Pusat BII, Senayan, Jakarta, Rabu (12/8).

   

Para penerima beasiswa tersebut terpilih dari 8.000 kandidat dan berhasil lulus serangkaian tes yang diselenggarakan BII dan Maybank Foundation. Para penerima beasiswa tersebut akan menempuh studi di sembilan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Termasuk Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Hasanudin (Unhas).  

   

"Program beasiswa ini merupakan penyelenggaraan tahap kedua, dengan menyediakan nilai program yang lebih besar, yakni sekitar Rp 17,5 miliar, meningkat dibandingkan tahap sebelumnya sekitar Rp 11,5 miliar," jelas Taswin.

Menurutnya, hal itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya. Taswin menjelaskan, program BII-Maybank Foundation Scholarship memberikan beasiswa penuh (full scholarship) kepada para penerima manfaat mencakup biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup (akomodasi dan transportasi), tunjangan buku dan internet serta asuransi kesehatan.  

Dalam pelaksanaannya, karyawan BII melakukan program pendampingan kepada para penerima beasiswa sebagai persiapan studi di perguruan tinggi. Di antaranya dengan memberikan pengkayaan kompetensi perilaku (soft skills) serta pemantauan prestasi para penerima beasiswa.

   

Penyelenggaraan Program BII-Maybank Foundation Scholarship telah dilaksanakan sejak 2012. Program tersebut sejalan dengan misi humanising financial services untuk selalu berada di tengah masyarakat.

"Melalui program ini, BII bersama Maybank Foundation memiliki komitmen penuh untuk memberikan kontribusi positif dalam mendukung pengembangan generasi muda Indonesia secara berkelanjutan," imbuh Taswin Zakaria.  

Melalui akses studi ke perguruan tinggi, lanjutnya, BII dan Maybank Foundation berharap para penerima beasiswa dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya, termasuk dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat ke depan.

   

Di samping program BII-Maybank Foundation Scholarship, sejak 2008 BII juga memberikan program beasiswa melalui Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Sampai saat ini, program tersebut telah memberikan beasiswa dengan total nilai lebih dari Rp 1,125 miliar kepada lebih dari 170 mahasiswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement