Ahad 19 Jul 2015 16:32 WIB

Peluncuran Pertalite tak Pengaruhi Stok Premium

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Pom bensin
Foto: VOA
Pom bensin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Produk baru BBM jenis pertalite akan diluncurkan pada 24 Juli mendatang. Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menyatakan, pekan depan akan dilakukan koordinasi secara nasional untuk mempersiapkan peluncuran produk ini. Ketua Hiswana Migas Eri Purnomohadi menjelaskan, hingga saat ini belum ada laporan lebih detail dari Pertamina mengenai teknis tes pasar yang akan dilakukan 24 Juli nanti.

"Kami belum ada laporan mendetail. Saat ini sendiri masih fokus pemenuhan untuk arus balik Lebaran. Mungkin minggu depan kami akan koordinasikan," ujar Eri, Ahad (19/7).

Eri menambahkan, peluncuran Pertalite nantinya tidak akan mengurangi pasokan bagi produk BBM lainnya, seperti premium dan solar. Meskipun demikian, pihaknya juga tidak akan menambah jumlah dispenser yang ada di lapangan.

"Seharusnya pertalite tidak pengaruhi stok premium ya. Itu kan varian baru saja. Yang penting kebutuhan masyarakat terpenuhi," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Dwi Sucipto menyebutkan bahwa pertalite akan diluncurkan tanggal 24 Juli 2015. Tahap pertama adalah tes pasar. Dia menjelaskan, peluncuran produk baru ini untuk memberikan lebih banyak pilihan produk kepada konsumen.

"Jadi sesuai dengan spek kendaraan yang dimiliki, orang bisa memilih apakah ron 88, ron 90 atau ron 92," ujar Dwi, Ahad (19/7).

Dwi menegaskan, produk premium masih tetap bisa ditemui di pasaran. Dia juga menegaskan bahwa korporasi menjalankan apa amanat yang diberikan pemerintah terkait premium. Bahkan, Pertamina menjamin peluncuran Pertalite tidak akan menggangu stok premium.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement