Selasa 07 Jul 2015 21:45 WIB

BI Jabar Sediakan Lima Titik Penukaran Uang Terpadu

Rep: c01/ Red: Satya Festiani
Warga melakukan penukaran uang kertas di gerai jasa penukaran uang Bank Indonesia, di Parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).   (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Warga melakukan penukaran uang kertas di gerai jasa penukaran uang Bank Indonesia, di Parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/7). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat (KPw BI Jabar) menyediakan lima titik layanan penukaran uang terpadu di Kota Bandung. Selain itu, KPw BI Jabar juga menyediakan dua unit layanan ATM mobile untuk lebih meningkatkan pelayanan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Amanlison Sembiring mengatakan penambahan titik layanan penukaran uang terpadu tersebut bertujuan untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Amanlison menjelaskan kelima titik layanan penukaran uang terpadu tersebut dilakukan di lima lokasi bank di Kota Bandung. Kelima bank tersebut ialah Bank OCBC Cabang Asia Afrika pada 7 Juli, Bank Jabar Banten Kanwil I Ahmad Yani pada 8 Juli, BRI Dewi Sartika pada 9 Juli, Bank Permata Cabang Merdeka pada 13 Juli, dan BCA Cabang Soekarno Hatta pada 14 Juli.

"Pada 7 dan 8 Juli, BI Jabar juga melakukan kegiatan penukaran uang kerjasama dengan Pemprov Jabar, bertempat di halaman parkir Lapangan Gasibu mulai pukul 09.00 WIB," terang Amanlison pada Selasa (7/7).

Selain penyelenggaraan lima titik pelayanan penukaran uang terpadu yang bekerjasama dengan perbankan Bandung, KPw BI Jabar juga menyediakan dua unit ATM Mobile. Bersamaan dengan dua unit ATM Mobile, KPw BI Jabar juga menyertakan petugas marketing yang akan melayani nasabah yang membutuhkan layanan perbankan.

"Pelayanan ini merupakan optimalisasi dari pelayanan yang sudah berjalan selama ini dengan 165 kantor cabang Bank Umum dan 22 kantor BPR," lanjut Amanlison.

Untuk mempermudah masyarakat Kota Bandung menjangkau layanan penukaran uang, Amanlison mengatakan BI Jabar juga membuka outlet layanan penukaran uang di beberapa pusat keramaian. Di antaranya, BI Jabar membuka outlet layanan penukaran uang di Pemkot Bandung, Polda Jabar pada 3 Juli, Mall ITC pada 6 Juli, Bandara Husein pada 6-7 Juli, Bazaar Dinas UKM pada 7 Juli, KODAM Siliwangi pada 8 Juli, Gasibu pada 9-10 Juli, Mall Pasar Baru pada 10 Juli, Cileunyi pada 13 Juli, serta rest area Purwakarta (Km 72) pada 14 Juli.

Amanlison juga menjelaskan kegiatan kas keliling di dalam kota akan tetap dilakukan sebagai strategi peningkatan layanan kas BI selama Ramadhan. Ia menjelaskan kegiatan kas keliling di dalam kota, seperti di Alun-Alun Bandung, rest area, hingga mall akan berlangsung di Kota Bandung. Sedangkan di luar kota, BI Jabar juga telah menyelenggarakan kas keliling di beberapa daerah terpencil. Di antaranya, BI Jabar menyelenggarakan kas keliling di Paneungpeuk, Blanakan dan Pamanukan, Tanggeung, serta Pelabuhan Ratu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement