Jumat 26 Jun 2015 12:18 WIB

Daop Yogyakarta Siapkan 108 Rangkaian KA

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Kereta api Bangunkarta.
Foto: Semboyan35.com
Kereta api Bangunkarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rangkaian Kereta Api (KA) yang disiapkan untuk mengangkut aktivitas penumpang selama arus lebaran di KAI Daerah Operasional VI Yogyakarta sebanyak 108 rangkaian. Manajer coorporate communication PT KAI Daop VI Yogyakarta, Gatut Sutiyatmono mengatakan, rangkaian KA yang siap mengangkut aktivitas mudik dan balik saat arus angkutan lebaran ini terdiri atas 38 rangkaian KA  reguler dengan keberangkatan Daop VI, 30 kereta reguler yang melewati Daop VI, 34 KA Lokal, 2 rangkaian angkutan motor gratis dan 4 perjalanan KA Tambahan.

Sementara untuk armada lokomotif kata dia, disiapkan sebanyak 36 unit. Dan  armada kereta yang disiapkan berjumlah 253 unit. "Semua rangkaian KA ini sudah dipastikan siap dan sudah diperiksa oleh teknisi KA," ujarnya, Jumat (26/6).

Untuk angkutan KA-KA Barang kata dia, selama masa angkutan Lebaran 2015 berjalan seperti biasa, namun dapat dibatalkan apabila ada permintaan dari ekspeditur. Dan selama masa angkutan Lebaran 2015, PT KAI bekerja sama dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga melayani angkutan sepeda motor pemudik dengan KA di lintas utara dan selatan, mulai tanggal 11-15 Juli (arus mudik H-6 s.d. H-2) dan tanggal 21-25 Juli (arus balik H2+3- H2+7). Untuk melayani angkutan motor gratis dengan KA ini, PT KAI menyiapkan 2 KA per hari. Setiap harinya, angkutan motor mampu memuat sebanyak 990 sepeda motor.

Menurut Gatut, selain penyiapan armada angkutan lebaran, pihaknya jauh hari juga sudah melakukan  inspeksi ke seluruh lintas KA (utara dan selatan). "Pengecekan lintasan ini dilakukan saat  persiapan pelaksanaan angkutan Lebaran 2015 kemarin dari segala aspek, baik sarana, prasarana, operasi, maupun SDM. Inspeksi ini dilakukan dengan menyusuri lintas, utara maupun selatan, selama tiga hari," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement