Rabu 17 Jun 2015 13:58 WIB

Menteri ESDM: Presiden Segera Putuskan Nasib Blok Mahakam

Rep: C85/ Red: Bayu Hermawan
Menteri ESDM Sudirman Said.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri ESDM Sudirman Said.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan bahwa nasib Blok Mahakam akan diputuskan dalam waktu dekat oleh Presiden Joko Widodo.

Sudirman menuturkan, paska kedatangan direksi Total sebulan silam, Kementerian ESDM diberikan kesempatan untuk menuntaskan rekomendasi terkait kelanjutan operasi Mahakam.

"Saya kira dalam waktu dekat (Presiden akan memutuskan). Kita diminta melakukan pendalaman," katanya di sela-sela silaturahmi Kementerian ESDM dengan pengusaha tambang dan migas, Selasa (17/6).

 

Namun, Sudirman menegaskan, keputusannya adalah pemerintah memberikan hak kepada PT Pertamina (Persero), kemudian memberikan kebebasan kepada BUMN migas itu untuk melakukan pembagian saham (sharedown).

Sudirman mengatakan, Kementerian ESDM memfasilitasi dialog antara Pertamina dengan Total tentang masa peralihan dan berakhirnya kontrak. Dia bilang, kedua belah pihak sudah sampai pada sikap masing-masing, termasuk keinginan porsi saham.

"Dialog tersebut sudah selesai sekarang dan kita sudah menyampaikan rekomendasi  ke Presiden minggu ini. Dan kami menunggu kebijakan Pak Presiden bagaimana memutuskannya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement