Ahad 07 Jun 2015 15:58 WIB

Ini Alasan Orang Super Miliarder Dunia Pilih Hidup di Monaco

Rep: c91/ Red: Dwi Murdaningsih
Jutawan
Foto: ist
Jutawan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Monaco merupakan negara yang terkenal dengan banyaknya orang kaya. Meski negara kecil, tak sedikit warganya memiliki mobil mewah, kapal pesiar, kasino, dan lainnya. Berdasarkan survei yang dilakukan WealthInsight, 1 dari 3 orang di sana termasuk miliarder. Bahkan Monako mempunyai pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Dikutip dari CNN, Ahad, (7/6), penyebab makmurnya Monako adalah berkat pajak. Sejak 1869 negara itu membebaskan pajak penghasilan. Monako pun menarik pajak lain yang cukup rendah kepada individu atau perusahaan. Tak hanya itu, negara dengan 38 ribu penduduk tersebut mudah pula diakses melalui Bandara Nice, yang berbatasan dengan Perancis.

Direktur Perusahaan Konsultan Properti Savills World Research, Yolande Barnes menjelaskan, banyak orang kaya tinggal di Monako karena bebas pajak. "Orang kaya tidak mau diasingkan dan selalu ingin tinggal dengan kelompoknya. Jadi Monako merupakan tempat yang tepat," ujarnya.

Barnes mengungkapkan, grafik harga properti di Monako selalu naik. Banyak orang berebut untuk mempunyai rumah di sana.

Harga rumah yang berada di lokasi strategis di negara itu mencapai 9 ribu dolar AS per feet persegi. Harga tersebut 50 persen lebih tinggi kalau dibandingkan lokasi serupa di New York, Amerika Serikat. Monako sendiri merupakan rumah bagi banyak orang kaya, seperti pembalap Formula 1 Lewis Hamilton, dan Petenis Novak Djokovic. Ada pula Lady Tina Green yaitu istri dari miliarder Inggris Sir Philip Green.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement