Jumat 29 May 2015 13:35 WIB

Dubes Jepang Minta Iklim Bisnis Indonesia Diperbaiki

Rep: c84/ Red: Satya Festiani
Investasi di Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Investasi di Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaka mengatakan hubungan bilateral Indonesia dengan Jepang semakin erat dalam beberapa beberapa bulan terakhir.

"Hampir tujuh bulan era pemerintahan Jokowi, hubungan Indonesia-Jepang semakin dekat, hal itu terlihat dari adanya hubungan bilateral antara Jokowi dengan (Shinzo) Abe, hingga dua kali dalam dua bulan terakhir ini," ujarnya dalam sambutan pembukaan pabrik Suzuki di Kawasan Industri Greendland International Industrial Center (GIIC), Cikarang Pusat-Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (29/5).

'Kemesraan' hubungan Indonesia-Jepang, ia sampaikan juga berkat bantuan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan pemerintah Indonesia itu sendiri. Pemerintah Indonesia, kata dia, mengharapkan kepada Jepang untuk menambah investasinya dalam sejumlah pembicaraan yang terjadi selama ini.

Pendirian pabrik baru Suzuki di Cikarang ini, lanjutnya, sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi yang menginginkan investasi yang berorientasi pada ekspor dan ini adalah contoh yang baik dalam hal tersebut.

"Untuk meningkatkan investasi yang berdampak pada peningkatan ekspor, iklim bisnis perlu ditata lebih lanjut termasuk pada permasalahan infrastruktur," lanjutnya.

Ia menambahkan, berbagai permintaan mengenai iklim usaha dan investasi dari Jepang akan terus didiskusikan dengan pemerintah Indonesia. Selama ini, kata dia, Pemerintah Jepang berusaha keras untuk merealisasikan keinginan pemerintah Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement