Jumat 08 May 2015 22:09 WIB

Pelindo II Raih Rp 20,8 Triliun Dari Obligasi Global

Rep: C05/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pelindo II
Pelindo II

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelindo II berhasil mendapatkan obligasi global (global bond) senilai 1,6 miliar dolar atau senilai Rp 20,8 triliun. Angka ini telah melebihi target awal obligasi global sebesar 1 miliar dolar dengan penawaran investor mencapai 5 miliar dolar.

Direktur keuangan Pelindo II, Orias P Moedak menyatakan ini momen bersejarah dalam penerbitan Global Bonds yang dilakukan BUMN. Sebab  penawaran bunganya terendah yakni 50 basis points di atas yield obligasi pemerintah dengan penawaran perdana terbesar. "Ini menandakan kepercayaan masih tinggi dari pasar global pada perusahaan kami," kata dia, Jumat (8/5).

Total global bound sebesar 1,6 miliar dolar, kata Orias, dibagi dua seri. Seri pertama bernilai 1,1 miliar dollar dengan jangka waktu 10 tahun dan bunga 4,25 persen . Lalu seri kedua bernilai 500 juta dollar dengan jangka waktu 30 tahun dengan bunga 5,375 persen. "Ini menunjukkan investor tertarik pada program pembangunan pelabuhan kita," ujarnya.

Saat melakukan penawaran obligasi global, kata Orias, ini dilakukan di beberapa kota yakni Hongkong, Singapura, London, New York, Boston, dan Los Angeles. Adapun Pelindo II menunjuk tiga bank diantaranya ANZ, BNP Paribas, dan citygroup sebagai Joint bookrunners dan joint lead managers. Dua sekuritas lokal juga dilibatkan yakni PT Bahana Securities dan PT Danareksa Sekuritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement