Rabu 22 Apr 2015 16:12 WIB

Pengadaan Pesawat Baru, Citilink Temui Lessor Jepang

Rep: c87/ Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat Citilink.
Foto: Antara
Pesawat Citilink.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink mengadakan serangkaian pertemuan dengan sejumlah lessor (perusahaan pembiayaan) Jepang pada 15-18 April 2015. Pertemuan tersebut untuk negosiasi pengadaan pesawat-pesawat baru untuk memperkuat armada Citilink sebagai bagian dari ekspansi bisnis dua tahun ke depan.

President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan mengatakan, kunjungan ke Jepang merupakan penjajakan yang masih bersifat tukar pikiran. Namun, pertemuan tersebut berhasil mencapai kesepakatan untuk membantu pengembangan ekspansi bisnis Citilink.

“Para lessor Jepang setuju untuk membantu Citilink dalam hal leasing pesawat-pesawat baru tanpa memerlukan prosedur yang terlalu rumit, dengan terms yang baik, namun tetap bisa memenuhi standar bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak,” kata Albert, Rabu (22/4).

Dalam kunjungan tersebut, selama tiga hari Albert bersama Direktur Keuangan Citilink Indonesia Mega Satria mengadakan pertemuan maraton dengan pimpinan Mitsui Co, Togin Leasing Co, SMBC Leasing Co, Chishima Co, dan sejumlah bankir utama Jepang lainnya.

Menurut Albert, para lessor setuju memberikan persyaratan yang tidak terlalu memberatkan Citilink untuk menambah jumlah pesawat jenis Airbus A320 yang menjadi pilihan utama Citilink. Sebagai LCC, Citilink menetapkan kebijakan satu tipe pesawat agar memudahkan dalam hal pemeliharaan dan perawatan armadanya.

Albert mengatakan, kesepakatan yang telah dipahami kedua belah pihak akan dilanjutkan dengan pertemuan lebih serius dalam hal teknis dan juga finansial dalam waktu dekat. Sejumlah dokumen harus dipenuhi Citilink agar bisa mendapat prioritas dari pihak lessor Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement