Rabu 22 Apr 2015 10:01 WIB
Kunjungan Muhibah DPR RI ke Rumania

Rumania Siap Jadi Jembatan Kerja Sama Indonesia-Eropa

Wakil Ketua Parlemen Rumania, Petru Gabriel Vlase bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan
Foto: joko sadewo
Wakil Ketua Parlemen Rumania, Petru Gabriel Vlase bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID,BUCHAREST — Parlemen Rumania mempersilakan Indonesia menjadikan negaranya sebagai  jembatan kerja sama untuk masuk ke Eropa. Rumania sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia.

“Kalau bisa anggaplah Rumania sebagai jembatan kerja sama Indonesia dengan Eropa,” kata Wakil Ketua Parlemen Romania, Petru Gabriel Vlase, saat melakukan pertemuan dengan delegasi Parlemen Indonesia, di Gedung Parlemen Rumania, Selasa (21/4).

Petru berharap Rumania bisa dijadikan partner yang bisa dipercaya bagi Indonesia. Mengingat Rumania adalah negara yang bisa dipercaya dan stabil di kawasan Eropa Timur.

Dalam hal infrastruktur, kata Petru, ada 200 miliar euro akan didapatkan Romania dari dana Eropa. “Dan akan merupakan proyek penting yang bisa dijalankan.”

Galangan kapal di Konstanta juga punya pengalaman kerja sama dengan Belanda. “Mungkin bisa berguna untuk kerja sama dengan Indonesia-Rumania,” ungkap Petru. Rumania, lanjut dia, juga punya produk-produk pertanian, dan bisa dijadikan partner dalam hubungan bilateral.

Hal yang sama juga disampaikan Chester Senat Romania, Florin Constantinescu. Menurut dia, Rumania bisa menjadi pintu gerbang bagi Indonesia untuk masuk ke Eropa.

Dikatakan Florin, Rumania menginginkan hubungan yang makin ditingkatkan. Sebab, nilai kerja sama ekonomi kedua negara volumenya masih sangat kecil. “Masih banyak kemungkinan untuk meningkatkan volume perdagangan tersebut,” kata Florin.

Pengalaman Rumania di bidang infrastruktur jugabisa dimanfaatkan oleh Indonesia. Seperti halnya ditingkatkan MoU dalam bidang pendidikan. yang ditandatangani kedua belah pihak, sehingga bisa langsung dilaksanakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement