Rabu 08 Apr 2015 20:16 WIB

Frisian Flag Berangkatkan Peternak Susu ke Belanda

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Dwi Murdaningsih
program Dairy Developement Program Frisian Flag
Foto: Zeno Group
program Dairy Developement Program Frisian Flag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Frisian Flag Indonesia menggelar kompetisi bagi peternak susu bertajuk Pilot Farmer2Farmer Pilot Farm Competition 2015. Kompetisi ini merupakan keberlanjutan dari Dairy Development Program (DDP) guna membantu meningkatkan kesejahteraan peternak susu dan keluarganya.

Kompetisi diikuti oleh 28 peternakan binaan Frisian Flag dalam tiga kategori berbeda. Yakni kategori kecil untuk peternak dengan jumlah sapi 1-20 ekor. Kategori medium, 21-50 ekor sapi. Dan kategori besar untuk peternak dengan sapi lebih dari 50 ekor.

Empat peternak terbaik akan diberangkatkan ke Belanda, mengunjungi peternakan FrieslandCampina, induk perusahaan Frisian Flag, dan berbagi ilmu serta pengetahuan langsung dengan peternak Belanda.

"Nantinya para peternak akan tinggal selama 10 hari di rumah para peternak lokal Belanda sehingga mereka bisa merasakan pengalaman secara langsung. Melihat bagaimana para peternak lokal Belanda mengelola peternakannya, saling tukar pikiran dan berbagi karakter budaya kedua bangsa yang berbeda," ujar Human Resources and Corporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia, Sri Megawati.

Pemenang kompetisi akan dinilai dalam dua tahap, penjurian teknis dan non teknis. Indikator yang digunakan untuk kriteria teknis merujuk kepada GDFP (Good Dairy Farming Practices), Farm Compass Implementations dan Follow Up rate yang merupakan standar Friesland Campina diberbagai peternakan yang menjadi anggotanya.

Sementara untuk aspek non-teknis akan mengukur bagaimana para peternak dapat menjadi contoh panutan bagi para peternak lain di daerah sekitarnya, bagaimana langkah mereka untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta bagaimana peternakan mereka memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

"Kemampuan, kemauan dan semangat peternak untuk berbagi ilmu dengan peternak lainnya agar dapat maju bersama merupakan hal terpenting untuk suksesnya transfer knowledge program Farmer to Farmer," ujar Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Titiek Eko Pramudji, yang juga menjadi juri non teknis.

Program Dairy Development Program Frisian Flag Indonesia Farmer2Farmer (F2F) pertama kali diluncurkan tahun 2013. Sejak saat itu Frisian Flag sudah mendatangkan enam peternak Belanda untuk membagi pengetahuannya secara langsung kepada para peternak lokal. Sepanjang tahun 2013-2014 terdapat lebih dari 300 peternak lokal yang telah memperoleh manfaat dari program ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement