Selasa 31 Mar 2015 18:56 WIB

Jualan Online, Pemuda Ini Berpenghasilan Rp 200 Juta Sebulan

Penjual tas kamera di Bukalapak.com, Ihsanuddin Fanani
Foto: ist
Penjual tas kamera di Bukalapak.com, Ihsanuddin Fanani

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hobi bisa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah bisnis.

Seperti yang terjadi pada perjalanan hidup  anak muda asal Probolinggo, Jawa Timur bernama Ihsanuddin Fanani. Berawal sebagai pencinta fotografi, kini ia dikenal sebagai salah satu pedagang besar tas kamera di Bukalapak.com dengan omzet sekitar Rp 150-200 juta per bulan.

“Waktu itu, saya kesulitan mencari tas kamera produksi lokal yang berkualitas. Yang ada, hanya tas kamera impor dengan harga yang mahal,” ujarnya dalam gathering yang digelar Bukalapak.com, Selasa (31/3).

Kesulitan ini ternyata membawa berkah buatnya untuk membuka peluang bisnis yang menggiurkan. Medio tahun 2011, pria jebolan Universitas Kanjuruhan Malang ini mencoba memproduksi sendiri tas kamera bersama saudaranya yang menggeluti usaha konveksi tas.

Komunitas fotografinya pun  banyak yang tertarik untuk membeli karena barangnya berkualitas dengan  harga terjangkau.

Saat kebanjiran pesanan, teman Ihsanuddin menyarankan untuk mulai menjual secara online. Laki-laki kelahiran 11 April 1991 ini pun mencoba menjual tas kameranya melalui Facebook, blog atau media online lainnya. Respon pasar ternyata sangat positif.

Hingga akhirnya, ada seorang teman yang memperkenalkan dengan situs Bukalapak.com, online marketplace yang mewadahi para pelapak dengan berbagai produk yang dijualnya.

Setelah mempelajari secara detil situs tersebut, Ihsanudin pun mulai berjualan di salah satu situs e-commerce, Bukalapak.com sejak 25 Desember 2012 dengan nama lapak "Tas Kamera Bagus".

“Saya tertarik berjualan di bukalapak.com karena ada jaminan keamanan setiap transaksi, terutama dalam hal pembayaran,” ungkap Ihsanuddin.

Bukalapak.com menjadi mediator antara penjual dan pembeli sehingga sistem ini membuat penjual dan pembeli terhindar dari transaksi jual beli palsu.

“Menekuni bisnis ini selama empat tahun, alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Rata-rata penghasilan saya sebesar Rp 40-50 juta per bulan,” ujarnya.

Hingga Maret tahun ini, reputasi akunnya mencapai 298 feedback. Total kini ada lebih dari 100 item produk  yang ia jual di lapak onlinenya.

Mendengar kisah Ihsanuddin, founder sekaligus CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky salut dan sangat mengapresiasi kerja keras Ihsanudin untuk membangun bisnis onlinenya.

Bukalapak.com berkomitmen  menaikkan kelas UKM di Indonesia dengan memberi wadah kepada UKM untuk berjualan. Kami tumbuh dan berkembang bersama UKM-UKM seperti Ihsanudin Fanani dan pelapak-pelapak lainnya,” pungkas Zaky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement