Sabtu 28 Mar 2015 19:09 WIB

Kebijakan Energi Era Jokowi Membingungkan Rakyat

Rep: C15/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Andhika Wahyu
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi UGM, Ichsanuddin Noorsy menilai pemerintahan SBY jauh lebih baik ketimbang pemerintahan Jokowi saat ini terutama dalam soal stabilitas ekonomi. Menurut Ichsan saat pemerintahan SBY, setidaknya SBY masih menerapkan prinsip good governance.

"Meski SBY gak punya nyali untuk memberlakukan harga perekonomian negara sesuai harga pasar terhadap energi, tapi SBY masih punya itikad menegakkan good governance," ujar Ichsan saat dihubungi Republika, Sabtu (28/3).

Dalam hal penyesuaian harga dalam bidang energi, Jokowi beserta para kroninya kerap menelurkan kebijakan yang malah membuat bingung rakyat.

Mulai dari harga listrik yang naik, harga gas, lalu sekarang harga BBM. Ichsan menilai, jika pemerintah terus bersikap seperti itu akan menyebabkan masyarakat kecil semakin tertindas. Apalagi, pemerintah dirasa Ichsan tidak bisa mengendalikan harga komoditas. Hal ini menyebabkan inflasi yang tak kunjung stabil.

Nantinya, menurut Ichsan juga akan berdampak pada sektor monoter. Ketika sektor riil saja tidak kuat, maka akan menimbulkan pertanyaan pada pasar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement