Kamis 12 Mar 2015 17:00 WIB

Out Of The Box Ciri Pengusaha Mandiri

Rep: C78/ Red: Djibril Muhammad
Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin memberikan paparannya dalam ramah tamah dengan para pemimpin redaksi di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (11/2).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin memberikan paparannya dalam ramah tamah dengan para pemimpin redaksi di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (11/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang bergengsi pengusaha Bank Mandiri 2014 kembali dihelat Kamis (12/3). Puluhan finalis wirausaha telah lolos seleksi. Lantas mereka bersiap menerima penghargaan juga hadiah modal usaha.

"Ajang kompetisi kewirausahaan telah menginspirasi banyak generasi muda untuk menerapkan konsep out of the box, ini ciri pengusaha Mandiri," kata Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin.

Konsep tersebut, kata dia, di antaranya diterapkan dalam menyusun rencana masa depan, termasuk pengembangan bisnis. Tentu saja dengan mempertimbangkan trend, kondisi lingkungan dan sumber daya yang dimiliki.

Sebanyak 20bg jawara pengusaha dan inovator muda potensial terpilih, setelah melewati seleksi ketat, bersaing dengan 55 finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) lainnya serta 10 finalis Mandiri Young Technopreneur (MYT).

Selain itu, ada pula 16 finalis Wirausaha Sosial Mandiri (WSM). Keseluruhan finalis tersebut sebelumnya juga telah melewati persaingan ketat dengan total 7.718 peserta WMM, 763 tim peserta MYT dan 498 tim peserta WSM dari seluruh Indonesia.

"Proses seleksi pemenang dilakukan di 12 kantor wilayah Bank Mandiri seluruh Indonesia," kata dia. Kota-kota tersebut di antaranya Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar dan Jayapura.

Seleksi lanjutan, kata dia, dilanjutkan dengan penjurian nasional yang dilakukan pada 10 Maret 2015 di Jakarta. Dewan juri penghargaan WMM, MYT dan WSM berasal dari beragam profesi, seperti jurnalis, pengusaha, akademisi serta pejabat pemerintah.

Sadikin mengungkapkan, kompetisi kewirausahaan Mandiri merupakan program strategis dari kegiatan Corporate Social Responsibility perseroan. Strategis, karena ia terbukti berhasil meningkatkan skills dan kapasitas ribuan wirausaha muda sejak pertama kali digelar pada 2007 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement