Ahad 08 Mar 2015 20:30 WIB

Di Daerah ini, Harga Cabai Malah Anjlok

Pedagang memeriksa cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (6/5).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Pedagang memeriksa cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, REJANGLEBONG -- Jika di beberapa daerah harga cabe meningkat, di Bengkulu justru turun. Perkembangan harga jual cabai merah keriting di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, sejak sebulan belakangan terus mengalami penurunan harga secara drastis atau anjlok hingga Rp7.500 per kilogram.

"Harga jual cabai merah ditingkat petani sekarang terjun bebas, kalau sebulan lewat masih bertahan Rp20.000 sampai Rp25.000 per kg, tapi hari ini harganya cuma Rp7.500 per kg," kata Amran (47) salah seorang petani cabai di kawasan Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi, Ahad (8/3).

Turunnya harga jual cabai merah di daerah tersebut, kata dia, karena saat ini sedang musim panen serentak. Akibatnya pasaran dibanjiri stok yang dihasilkan petani dari berbagai daerah.

Penurunan harga jual cabai yang cukup drastis itu, tambah dia, juga dialami petani sayuran lainnya seperti komoditas kol, sawi, tomat, wortel dan sebagainya.

Penurunan harga yang terbilang cepat itu, kata dia, membuat kalangan petani setempa terpukul mengingat tidak sampai sebulan sudah turun lagi, padahal saat harga cabai masih kisaran Rp 70.000-Rp 80.000 pada Januari 2015 mereka baru melakukan penanaman, tetapi saat panen harganya sudah turun.

Amran yang mengaku telah bertani cabai sejak 10 tahun itu mengaku tidak terkejut jika harga cabai merah keriting di daerah itu mengalami penurunan harga yang signifikan, karena mereka tidak memiliki nilai tawar dan hanya bergantung dengan harga yang dipatok agen sayuran yang ada di wilayah itu.

Sementara itu, menurut Acay (35), petani cabai di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang, sebelumnya mereka sempat berharap dapat menikmati keuntungan dengan melonjaknya harga jual cabai merah keriting di wilayah itu, namun mereka tidak bisa mengendalikan harga pasar dan hanya bisa mengikutinya saja.

Pantauan di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Rejanglebong di antaranya di Pasar Atas Curup dan Pasar Bang Mego, harga jual cabai merah keriting kualitas bagus saat ini dijual pedagang antara Rp 24.000-Rp 25.000 per kg, sedangkan untuk cabai rawit dijual pedagang rata-rata Rp 30.000 per kg.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement