Kamis 05 Mar 2015 16:21 WIB

Ini Cara Jadi Miliuner dalam 10 Tahun

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Selain saham dan reksadana, obligasi bisa menjadi salah satu sarana investasi.
Foto: Aditya Pradana P/Republika
Selain saham dan reksadana, obligasi bisa menjadi salah satu sarana investasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak jalan menjadi orang kaya di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan cara berinvestasi.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Putut Endro Andanawarih berujar, ''mengumpulkan dana Rp 1 miliar berapa dana yang harus disimpan per bulan ?'' tanya dia dalam acara Diskusi Hasil Survei Manulife Investor Sentiment Index, Jakarta, Kamis (5/3) siang.

Putut memberikan sejumlah opsi untuk meraih Rp 1 miliar dalam 10 tahun. Di antaranya, apabila bentuk investasi 80 persen deposito, 10 persen saham, dan 10 persen obligasi imbal hasil bisa mencapai sembilan persen. Cicilan per bulan untuk mencapai Rp 1 miliar dalam 10 tahun adalah 5,1 juta per bulan.

Kedua, lanjut dia, apabila deposito 60 persen, obligasi 25 persen, dan saham 15 persen, imbal hasil mencapai 11 persen. Cicilan per bulan untuk meraih Rp 1 miliar dalam 10 tahun adalah Rp 4,6 juta.

Ketiga, ujar Putut, apabila saham 70 persen, deposito 20 persen, dan obligasi 10 persen imbal hasil mencapai 18 persen. Cicilan per bulan untuk meraih Rp 1 miliar dalam 10 tahun adalah Rp 3 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement