Rabu 18 Feb 2015 13:20 WIB

RBS Pakai Teknologi Sidik Jari untuk Aplikasi Ponsel

People walk past a branch of The Royal Bank of Scotland (RBS) in central London August 27, 2014.
Foto: Reuters/Toby Melville
People walk past a branch of The Royal Bank of Scotland (RBS) in central London August 27, 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Royal Bank of Scotland (RBS) meluncurkan teknologi baru untuk aplikasi banking di ponsel pada Rabu (18/2). Dengan teknologi tersebut, nasabah menggunakan sidik jari untuk masuk ke aplikasi tersebut. RBS menjadi bank pertama di Inggris yang menggunakan teknologi tersebut.

RBS mengatakan, aplikasi yang bernama Touch ID tersebut dapat diunduh oleh pengguna Apple iPhone yang memiliki aplikasi RBS atau NatWest. Teknologi yang dimiliki aplikasi tersebut mengingat sidik jari nasabah sehingga nasabah tidak memerlukan password.

Pada Juni lalu, RBS mengumumkan akan berinvestasi hingga 1 miliar pondsterling selama tiga tahun ke depan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah. Langkah tersebut merupakan reaksi perusahaan terhadap menurunnya jumlah nasabah yang bertransaksi di cabang konvesional.  

"Perbankan mengalami revolusi. Lebih banyak nasabah yang menggunakan teknologi," ujar Direktur Pelaksana RBS dan NatWest Direct Bank, Stuart Haire.

Selain RBS, bank lain pun mulai berinvestasi di teknologi yang memudahkan konsumen serta meningkatkan keamanan. Tahun lalu, Barclays meluncurkan scan jari untuk nasabah korporasi. Perusahaan juga ajan meluncurkan teknologi pengenal suara untuk nasabah ritel.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement