Senin 09 Feb 2015 18:00 WIB
mobnas

Gandeng Proton, Pelaku Industri: Jangan Ulang Kasus Mobil Timor!

Rep: C05/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
mobil nasional Timor
Foto: http://mforum.cari.com.my
mobil nasional Timor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mobil nasional (mobnas) memasuki babak baru di Tanah Air. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara perusahaan mobil Malaysia, Proton, dan perusahaan otomotif Indonesia, PT Adi perkasa Citra Lestari (ACL), di Shah Alam, Malaysia, Jumat (6/2).

Penggagas Mobil Listrik Evina, Dasep Ahmadi menyatakan jangan sampai kerjasama dengan Proton hanya sebatas mengganti merek mobil saja. Contohnya, ucap dia, kasus mobil Timor dahulu.

Mobil Timor, kata dia, dirakit di Korea Selatan, namun sampai di Indonesia diganti merek dengan nama Timor. “ Kalau bisa kerjasamanya yakni tetap ada proses perakitan dan juga bahan baku dari Indonesia,” katanya, Senin (9/2).

Dasep menyatakan jika pola yang dipakai masih seperti kasus mobil Timor menyebabkan kerjasama yang ada menjadi sia-sia. Nantinya, kata dia, tidak akan ada transfer teknologi.

Padahal dalam rintisan menuju mobil nasional proses sedikt demi sedikit harus teta melibatkan komponen Indonesia. Sehingga ujungnya dari kerjasama itu Indonesia bisa memiliki teknologi secara mandiri.

“Pola nya seperti Proton yang dulu membeli lisensi Mitsubisi namun sekarang sudah bisa mandiri secara teknologi,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement