Senin 09 Feb 2015 17:24 WIB

Bank OCBC NISP Catatkan Pertumbuhan Laba 17 Persen

Anjungan tunai mandiri (ATM) Bank OCBC NISP di Jakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Anjungan tunai mandiri (ATM) Bank OCBC NISP di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank OCBC NISP, Tbk mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 17 persen menjadi Rp 1,3 triliun pada 2014 dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,1 triliun.

Presiden Direktur & CEO Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengungkapkan, sejalan dengan pertumbuhan laba, Bank OCBC NISP juga berhasil meningkatkan asetnya sebesar 6 persen (YoY) menjadi Rp 103,12 triliun dari Rp 97,52 triliun. Kenaikan total aset ini terutama didorong oleh pertumbuhan kredit sebesar 7 persen (yoy) menjadi Rp 68,4 triliun pada akhir tahun 2014 dari Rp 64 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan kredit ini disalurkan dengan melakukan diversifikasi sektor usaha, besaran pinjaman, jenis mata uang dan jangka waktu. Sesuai jenis penggunaannya, komposisi kredit yang disalurkan untuk modal kerja mencapai 42 persen, investasi 41 persen, dan konsumer 17 persen.

Bank OCBC NISP berhasil menjaga kualitas kreditnya sehingga  tingkat NPL (net) berada dalam posisi yang rendah pada level 0,8 persen di akhir tahun  2014. Rasio – rasio keuangan utama lainnya juga berada pada kisaran positif dan level yang sehat bagi sebuah bank dimana Return on Assets (ROA) tercatat 1,8 persen dan Return on Equity (ROE) 9,7 persen serta CAR (Capital Adequacy Ratio) 18,7 persen.

"Kondisi perekonomian yang penuh tantangan di tahun 2014 memberikan banyak sekali pembelajaran sekaligus juga peluang untuk tetap tumbuh secara sehat dan berkesinambungan. Ditengah kompetisi industri perbankan yang sangat ketat, naiknya suku bunga serta tekanan inflasi sebagai dampak dari kenaikan harga BBM serta pelemahan nilai tukar rupiah membuat pertumbuhan di 2014 lebih lamban, tetapi kami tetap optimis bahwa industri perbankan Indonesia memiliki potensi yang lebih baik di tahun 2015,” ujar Parwati dalam siaran pers, Senin (9/2).

Menghadapi ketatnya persaingan tersebut, Bank OCBC NISP berinovasi dan mengembangkan sejumlah produk dan layanan. Salah satunya adalah dengan melakukan pengembangan E-Channel meliputi layanan internet dan mobile banking dengan teknologi terkini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement