Sabtu 10 Jan 2015 01:41 WIB

Surat Utang Laris Manis, Menkeu Sumringah

Rep: satria kartika yudha / Red: Esthi Maharani
Bambang Brodjonegoro
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Bambang Brodjonegoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sumringah karena surat utang negara (SUN) berdenominasi dolar AS (global bond) laris diburu investor. Menurutnya, hal itu menjadi bukti bahwa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapat sambutan hangat dari investor.

Bambang mengatakan Kementerian Keuangan telah menerbitkan global bond senilai 4 miliar dolar AS. Total penawaran yang masuk mencapai 19,3 miliar dolar AS.

"Artinya oversubscribe (kelebihan permintaan) sebanyak 4,8 kali lipat. Ini pertanda bagus," kata Bambang di kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jumat (9/1).

Ada dua seri yang diterbitkan yakni RI0125 dan RI0145. Masing-masing nominalnya 2 miliar dolar AS. RI0125 memiliki tenor 10 tahun dengan yield 4,2 persen. Sementara RI0145 tenornya 30 tahun dengan yield 5,2 persen.

"Yang paling penting, hasil penerbitan bond ini menunjukkan sentimen positif dari investor terhadap pemerintahan baru. Karena ini adalah sun global pertama yang diterbitkan pemerintahan baru," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement