Selasa 02 Dec 2014 16:15 WIB

Dekatkan Industri dan Pendidikan Kelautan, Ini Upaya Menteri Susi

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Demi mendekatkan peran industri dan pendidikan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengadakan Gelar Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan. Dalam acara ini trurut diundang para penuluh perikanan dan juga pelaku usaha yang bergerak di bidang perikanan dan kelautan.

Menteri Susi Pudjiastuti berharap, pelaksanaan Gelar Pengembangan SDM kelautan dan perikanan dapat memberikan motivasi dan semangat entrepreneur secara masif melalui gerakan berskala nasional.  Khususnya dalam mendukung pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan.

“Selain itu, diperlukan juga penerapan konsep pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan dengan pengembangan berbagai inovasi yang berorientasi pada pelestarian sumber daya melalui kegiatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan sehingga dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan,” tutup Susi.

Selain itu, juga diselenggarakan Forum Pendidikan Kelautan dan Perikanan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Kegiatan ini menjadi wadah bagi pendidikan kelautan dan perikanan untuk bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri.

Terutama dalam menyediakan SDM tangguh dan kompeten sesuai kebutuhan dunia kerja. Kegiatan ini menunjukan keberhasilan perubahan melalui pengembangan kelembagaan Akademi Perikanan menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan di Sidoarjo, Bitung, dan Sorong.

“Pendidikan vokasi kelautan dan perikanan harus menjadi penjuru, dan mengembangkan lulusan pendidikan yang menerapkan komersialisasi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Sehingga diharapkan bisa turut menjaga keberlanjutan usaha perikanan,” terang Susi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement