Jumat 07 Nov 2014 17:41 WIB

Masuk Industri E-Commerce,Nex Logistik Gandeng Sevel

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
7 Eleven
Foto: images.businessweek.com
7 Eleven

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tren penggunaan e-commerce yang kian meningkat di masyarakat kota besar Indonesia, menggugah Nex Logistic untuk masuk di sektor jasa pengirimannya. Nex Logistic menggandeng Moderen Grup untuk membuka gerainya di jaringan 7-Eleven.

Nex Logistic akan memanfaatkan lokasi gerai 7-Eleven dan Fuji Film untuk memudahkan aksesibilitas pengiriman dan pengambilan barang kiriman, baik paket maupun dokumen.

Sadar menghadapi belasan kompetitor, Nex Logistic menawarkan layanan kecepatan waktu pengiriman SOD dimana kiriman tiba dihari yang sama dengan pengiriman, S1+ dimana kiriman tiba antara satu hingga tiga hari, dan S3+ dimana kiriman tiba dalam tiga hingga enam hari.

Khusus pelanggan e-commerce, Nex Logistic memberi layanan point to point (P2P) dimana pelanggan bisa memilih outlet Nex Logistic yang berdampingan dengan gerai 7-Eleven dan Fuji Film untuk mengambil kiriman jika kiriman dipesan untuk tidak dikirim ke lokasi tertentu.

Layanan lain yang diberikan adalah payment on delivery (POD), baik tunai maupun non tunai yang direncanakan efektif tahun depan. ''Seiring perkembangan, kami mengembangkan pembayaran non tunai. Tentu itu lebih aman baik untuk pelanggan maupun kurir,'' kata Direktur Utama Nex Logistic, Noni Purnomo, Jumat (7/11).

Layanan trace and track barang juga tidak lepas dari perhatian Nex Logistic. Beroperasinya Nex Logistic dari pagi hingga malam, tujuh hari dalam sepekan juga diharapkan memudahkan pelanggan jasa e-commerce.

Noni mengaku saat ini Nex Logistic menginvestasikan Rp 1,5 miliar untuk pengembangan tekonologi. Investasi bisa ditambah tiap tahunnya.

''Investasi bisa murah karena kita bisa memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia. Sehingga ada efisiensi,'' kata dia. Sangat diidentik dengan perusahaan jasa taksi Blue Bird, Noni mengaku Nex Logistic adalah perusahaan terpisah meski Blue Bird sendiri telah menjalin kerja sama dengan Moderen.

Meski baru membuka lima, hingga 2015, Nex Logistic menargetkan memiliki outlet di 200 gerai 7-Eleven dan Fuji Film di Jabodetabek. 25 outlet di lima kota pusat bisnis lain yakni Medan, Bandung, Surabaya, Makasar dan Semarang atau Bali juga jadi sasaran penempatan gerai Nex Logistic selanjutnya.

Direktur PT Moderen Internasional Tbk, Henri Honoris mengatakan kerja sama Nex Logistic dan 7-Eleven terutama dalam kegiatan pemasaran dan branding bersama seperti dengan mitra 7-Eleven lainnya.

Dalam bisnis e-commerce, Henri melihat kendalanya ada pada proses pembayaran dan pelacakan data. Sistem yang dirancang, kata Henri, akan memungkinkan pengecekan data lebih cepat.

Senada dengan Noni, Hendri berharap layanan yang variatif daei Nex Logistic diharapkan bisa memudahkan kegiatan jasa pengiriman oleh masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement