Selasa 14 Oct 2014 05:25 WIB

Sektor-Sektor Ini Tahan Guncangan Ekonomi

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Esthi Maharani
Jaringan Telekomunikasi
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Jaringan Telekomunikasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Di tengah perkembangan kondisi global dan dalam  negeri yang belum sepenuhnya menentu, ada sektor-sektor yang ternyata tahan guncangan. Sektor itu adalah media, telekomunikasi dan konsumsi.  

//Chief Investments Officer// Eastspring Investments D. Ari Pitojo  mengatakan sempat turunnya indeks saham nasional beberapa  waktu belakangan tidak serta merta karena persoalan politik.  Lebih dari itu, kondisi ekonomi global juga kurang mendukung.

''Justru tidak bagus juga jika indeks terus naik dan sesekali perlu  turun sehingga ada kesempatan investor, terutama domestik,  untuk melakukan aksi beli,'' kata Ari, Senin (13/10).

Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) pun tidak akan akan  terlalu menekan pasar modal. Ari menilai beberapa sektor bisa  lebih bertahan dan tumbuh jika BBM dinaikkan, meski ia memberi  catatan kondisi kali ini akan berbeda karena berbarengan dengan  turunnya harga komoditas.

''Sektor konsumsi dan telekomunikasi akan tetap berjalan dan  pertumbuhannya tetap terjaga karena itu kebutuhan dasar ,'' tutur  Ari.

Begitupun media yang fungsinya masih penting karena sebagai  penyeimbang. Investasi media tidak terlalu tinggi dan //cost//  lebih fokus pada sumber daya manusia. Selama pers masih bebas  dan menstabilkan politik, kondisi politik tidak jadi isu besar bagi  perkembangan pasar modal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement