Senin 08 Sep 2014 08:25 WIB

Ini Tiga Negara Arab Paling Kompetitif

Rep: Elba Damhuri/ Red: Joko Sadewo
Khalifa bin Zayed Al Nahyan Presiden UEA.
Foto: IST
Khalifa bin Zayed Al Nahyan Presiden UEA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga negara dari Jazirah Arab masuk 25 besar negara-negara paling kompetitif di dunia 2014-2015 versi Forum Ekonomi Dunia (WEF). Ketiga negara itu adalah Uni Emirat Arab (EUA) di posisi ke-12, Qatar di peringkat ke-16, dan Arab Saudi di ranking ke-24.

Posisi UEA lebih baik dari Denmark, Taiwan, dan Kanada. Sementara, peringkat Qatar jauh lebih bagus dari Selandia Baru, Austria, Belgia, Australia, dan Prancis.

Posisi Arab Saudi pun lebih baik dari Irlandia, Korea Selatan, Israel, China, Estonia, dan Islandia. Memang, belum ada wakil negara-negara Arab yang masuk peringkat 10 besar, yang masih didominasi Eropa dengan enam negara, Asia tiga negara, dan Amerika Serikat (AS).

Negara-negara Arab ini dinilai memiliki tingkat produktivitas di atas rata-rata 144 negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tingkat kesejahteraan rakyat mereka pun tergolong jauh lebih baik dibandingkan kebanyakan negara-negara lain.

Salah satu indikasi bagusnya indeks kompetisi global negara-negara Arab ini terlihat dari efisiensi pada pasar tenaga kerja, pasar finansial, posisi keuangan pemerintah, hingga efisiensi lembaga-lembaga negara, dan riset perguruan tinggi.

UAE termasuk negara Arab dengan tingkat kompetisi global baik dari sisi barang, jasa, modal, maupun manusia. Negara ini menjadi hub utama jasa-jasa penerbangan, keuangan, hingga pasar modal.

Qatar dan Arab Saudi muncul sebagai negara tumbuh menuju negara maju. Dengan dukungan finansial yang kuat, kedua negara ini muncul sebagai pemain utama perekonomian dunia dengan tingkat efisiensi yang bisa bersaing dengan negara-negara lain

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement