Selasa 05 Aug 2014 16:12 WIB

HSBC Akan Tutup Rekening Masjid dan Muslim di Inggris

Rep: c83/ Red: Nidia Zuraya
HSBC (ilustrasi)
HSBC (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bank HSBC akan menutup rekening masjid, organisasi Muslim dan rekening individu Muslim lainnya yang berada di Inggris.

Masjid Finsbury Park yang berada di utara London menyatakan telah menerima surat dari HSBC pada 22 Juli lalu. Pihak Masjid mengatakan salah satu bank terbesar di dunia itu akan menutup rekening mereka untuk mengindari risiko atau hal-hal yang dapat merugikan bank. Dalam suratnya HSBC juga menekankan bahwa bahwa keputusan tersebut tidak berdasarkan ras atau agama.

Dilansir dari Al Arabiya, pengelola Masjid Finsbury Park telah memberikan jawaban dengan mengatakan keputusan itu berdasarkan pada kampanye Islamofobia yang menargetkan kaum Muslim di Inggris.

HSBC juga mengirimkan surat serupa kepada Yayasan Ummah Welfare Bolton, Cordoba Foundation dan rekening pendiri Cordoba Foundation,  Anas Al Tikriti. Selain itu, istri dan dua anak Anas Al Tikriti yang berusia  berusia 12 dan 15 tahun  juga menerima surat yang memberitahukan bahwa rekening bank mereka akan ditutup.

"Keputusan untuk mengakhiri hubungan pelanggan tidak dianggap enteng, dan sama sekali tidak didasarkan pada ras atau agama pelanggan, diskriminasi terhadap pelanggan atas dasar ras atau agama tidak bermoral, tidak dapat diterima dan ilegal, " ujar juru bicara HSBC seperti dilansir Al Arabiya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement