Rabu 14 May 2014 15:01 WIB

LPS Minta Calon Investor Bank Mutiara Tepat Waktu

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
Bank Mutiara, eks Bank Century
Foto: blogspot
Bank Mutiara, eks Bank Century

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses penjualan PT Bank Mutiara, Tbk tengah berjalan. Saat ini, sebanyak 11 calon investor dinyatakan lolos tahap prakualifikasi. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berharap 11 calon investor tersebut menyampaikan penawaran awal tepat waktu.

"Kita minta mereka untuk menyampaikan penawaran awal di periode 2-5 Juni. Dari tanggal 2 Juni jam 8.00 pagi sampai 5 Juni jam 18.00," ujar Ahli Kebijakan Strategis dan Penanganan Bank LPS Poltak L Tobing, Rabu (14/5). LPS tidak akan menerima penawaran yang masuk di luar jangka waktu tersebut.

Setelah menerima penawaran awal, LPS akan melakukan penilaian terhadap penawaran tersebut. Lalu LPS akan memutuskan investor yang lulus ke tahap selanjutnya, yakni uji tuntas atau due diligence yang akan dibuka pada minggu ketiga bulan Juni 2014 sampai minggu keempat Juli 2014.

Selanjutnya adalah penawaran akhir yang akan selesai pada minggu keempat Agustus 2014 dan pada akhirnya dilanjutkan proses penutupan atau closing. Di proses penutupan, LPS akan mengajukan fit and proper test kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal September. Pelaksanaannya dijadwalkan pada September hingga Oktober sehingga pada Oktober pemenangnya akan ditetapkan.

Poltak mengatakan, jika calon investor dinyatakan tidak lulus oleh OJK, LPS akan mengajukan calon investor selanjutnya sampai akhirnya mendapatkan investor yang memenuhi syarat. "Mudah-mudahan 18 November bisa selesai semuanya," ujarnya.

Penjualan Bank Mutiara tersebut telah memasuki tahun keenam. Pada pembukaan penjualan saham Bank Mutiara tahun ini, tercatat 18 investor yang berminat. Namun, hanya 11 yang tepat waktu menyampaikan dokumen pada 29 April. "Besoknya ada dua yang menyampaikan tapi sudah telat jadi tidak diterima," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement