Kamis 08 May 2014 21:49 WIB

IMF : Pertumbuhan Ekonomi Asia Menguat

Rep: Elba Damhuri/ Red: Indira Rezkisari
Gedung Dana Moneter Internasional (IMF) Washington DC
Foto: EPA/MATTHEW CAVANAUGH
Gedung Dana Moneter Internasional (IMF) Washington DC

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan Asia bakal mengalami pertumbuhan ekonomi yang menguat pada 2014 dan 2015. Menurut IMF, pada 2014 pertumbuhan ekonomi Asia mencapai 5,4 persen, lebih baik dari dua tahun sebelumnya masing-masing 5,3 dan 5,2 persen.

"Terjadi perbaikan ekonomi yang signifikan di wilayah Asia," kata IMF dalam laporan ekonomi regionalnya seperti dikutip dari situs IMF, Kamis (8/5).

Menguatnya ekspor Asia, kata IMF, menjadi modal utama perbaikan pertumbuhan ekonomi ini. Membaiknya ekonomi negara-negara maju mendorong permintaan ekspor naik yang berdampak positif pada negara-negara Asia, seperti Cina.

Pada sisi lain, permintaan domestik pun ikut membantuk kenaikan ekonomi ini. Cina dan beberapa negara di Asia kini fokus pada permintaan domestik sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi mereka.

Cina pada triwulan pertama 2014 mencatat kenaikan ekspor meski pertumbuhan mereka diperkirakan tetap tak bergerak di angka 7,5 persen. Ekonomi Cina masih melambat pada 2015 yang menurut IMF sebesar 7,3 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement