Kamis 01 May 2014 10:00 WIB

Garuda Buka Penerrbangan Langsung Makassar-Medan-Jeddah

Pesawat Garuda Boeng 767-A300 yang mengangkut jamaah haji.
Foto: Antara/Ampelsa
Pesawat Garuda Boeng 767-A300 yang mengangkut jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meresmikan pembukaan penerbangan langsung Makassar - Medan - Jeddah, Arab Saudi yang dihadiri Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Erik Meijer.

"Dengan adanya layanan rute Garuda ini, masyarakat di Makassar dan sekitarnya serta di Medan dapat melaksanakan umroh tanpa perlu terbang lewat Jakarta lagi," kata Erik di sela-sela malam peresmian rute baru Masakai Garuda di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya optimistis pembukaan rute baru ke Jeddah ini akan mendapat sambutan positif, apalagi animo masyarakat di Makassar dan sekitarnya untuk berumroh cukup tinggi, begitu pula di Medan. Sehingga dengan dua titik itu 'seat' pesawat diyakini dapat terisi penuh.

Sebagai tahap perkenalan, lanjut Erik yang didampingi Vice Presiden PT Garuda Indonesia Region Sulawesi, Maluku dan Papua Rosyinah, maskapai Garuda yang mampu menerbangkan 450 orang penumpang sekali jalan dapat terpenuhi. Apalagi data Angkasa Pura I, Makassar melansir rata-rata 500 orang penumpang jamaah umroh per hari yang bertolak dari Banda Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

"Maskapai Garuda banyak fokus di Sulsel. Sampai saat ini sudah ada 15 destinasi langsung dari Makassar, ditargetkan pada akhir tahun ini akan mencapai 24 destinasi langsung dari Makassar," katanya.

Pada Juni 2014, lanjut dia, akan dibuka lagi rute baru dari Makassar menuju Luwuk, Bima, Mamuju, Pomalaa dan Palopo. Sementara Mei 2014 akan dibuka rute Makassar - Jogjakarta dan Makassar - Timika PP.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsul H Agus Arifin Nu'mang pada kesempatan yang sama mengatakan, kebijakan "open Sky Policy" ini harus disambut. Karena itu, dengan adanya rute baru langsung dari Makassar akan menjadi "multiplier effect" bagi pemerintah dan masyarakat Sulsel.

Dia mengatakan, menjadi tanggung jawab Pemrov Sulsel untuk mendorong maskapai Garuda dalam memberikan layanan prima. Apalagi dengan perjalanan umroh yang dapat langsung dari Makassar akan memberi harapan bagi masyarakat Sulsel untuk beribadah, menyusul panjangnya daftar tunggu yang kini mencapai 140 ribu orang atau sekitar 20 tahun mengantre.

Untuk penerbangan perdana Garuda rute Makassar - Medan - Jeddah akan menggunakan pesawat GA 626 yang berangkat dari Makassar pukul 04:55 WITA dan tiba di Medan pada pukul 07:10 WIB, kemudian di Medan berganti pesawat GA 986 dan bertolak ke Jedaah pada pukul 08:40 WIB dan tiba di Jeddah pada pukul 13.00 LT.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement