Jumat 21 Mar 2014 19:40 WIB

OJK-BIN Kerja Sama Intelijen Jasa Keuangan

Rep: Budi Rahardjo/ Red: Nidia Zuraya
ATM
Foto: Republika/Prayogi
ATM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Intelijen Negara (BIN) menjalin kerja sama perlindungan konsumen dan masyarakat terhadap produk dan layanan di sektor jasa keuangan. Nota kesepahaman kerja sama itu diteken Jumat (21/3) di Jakarta.

Perjanjian kerja sama itu sesuai amanat Pasal 4 huruf c UU No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Ketua OJK Muliaman D Hadad dan Kepala BIN Marciano Norman dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan upaya mencegah dan melindungi konsumen dan masyarakat dari berbagai praktek yang berpotensi merugikan konsumen dan masyarakat di sektor jasa keuangan.

Muliaman menyatakan OJK dan BIN melakukan kerja sama di bidang pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang intelijen ekonomi dan sektor jasa keuangan. Adapula kerja sama di bidang operasional penghimpunan dan pertukaran data serta  informasi dalam rangka perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan.

"Kerja sama ini bentuk sinergi positif antara OJK dan BIN untuk mengamankan kepentingan negara di tengah persaingan global dan semakin terbukanya perekonomian dunia," kata Muliaman dalam keterangan tertulisnya.

Marciano mengatakan kesiapannya mendukung pelaksanaan tugas OJK antara lain upaya deteksi dini dan cegah dini serta menyampaikan informasi intelijen untuk kepentingan perlindungan konsumen sektor jasa keuangan. Selanjutnya, kedua pihak juga akan  melakukan koordinasi dan fasilitasi dengan pihak terkait dalam rangka mengamankan sasaran dan program strategis di sektor jasa keuangan.

Kepala BIN akan mengefektifkan Deputi Bidang Ekonomi Intelijen BIN untuk bermitra strategis sehingga dapat memberikan data dan informasi akurat terhadap kemungkinan tindakan yang merugikan masyarakat dan konsumen. Seperti, terjadinya kasus penawaran investasi yang diduga ilegal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement