REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Emiten properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menargetkan marketing sales sebesar Rp 6 triliun atau tumbuh 11 persen di 2014. Segmen residensial menjadi kontributor utama marketing sales tahun ini.
"Sekira Rp 1,92 triliun menjadi target perolehan segmen residensial. Sumbernya dari penjualan unit rumah tapak di kota mandiri BSD City," ujar Sekretaris Perusahaan BSDE Hermawan Wijaya dalam siaran persnya, Rabu (12/3).
Untuk memperkuat penjualan di segmen residensial, perseroan melakukan strategi diversifikasi proyek di daerah seputar Jakarta dan luar Pulau Jawa. Antara lain pengembangan Gran City di Balikpapan.
Gran City Balikpapan mulai dipasarkan di 2014 dengan target marketing sales senilai Rp 150 miliar pada tahun pertama. Angka tersebut menjadikan Gran City sebagai kontributor terbesar keempat untuk target marketing sales 2014 di segmen residensial.
Segmen komersial ditargetkan tumbuh 90 persen menjadi Rp 2,9 triliun pada 2014. Segmen ini berkontribusi 48 persen terhadap total target marketing sales. Sehingga diharapkan mampu menjadi pemicu pertumbuhan marketing sales pada tahun ini.
Pada 2013, segmen ini baru berkontribusi 21 persen. "Akan kami dorong pertumbuhannya tiga kali lipat sehingga mampu berkontribusi sebesar 48 persen," kata Hermawan.
Tahun ini, katanya, komposisi segmen residensial dan komersial akan lebih berimbang. Diharapkan keduanya memperkuat struktur model bisnis pendapatan perseroan.
Unit properti yang termasuk dalam segmen komersial antara lain lahan komersial, rumah toko, perkantoran, apartemen atau kondominium dan pergudangan. Lahan komersial yang berada di kawasan BSD City diproyeksikan menjadi kontributor terbesar dengan angka penjualan Rp 2,48 triliun atau 41 persen dari total target segmen komersial.