Kamis 06 Mar 2014 19:34 WIB

Cegah Jual Pasir, Menhut Kucurkan Rp 1,7 Miliar

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Didi Purwadi
Menhut Zulkifli Hasan
Foto: Antara
Menhut Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan, menyalurkan dana pinjaman bergulir pembangunan hutan rakyat bagi warga selatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (6/3). Total dana yang dikucurkan bagi kelompok masyarakat Cianjur mencapai Rp 1.700.200.000.

Pemberian bantuan diserahkan secara simbolis di Alun-Alun Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. ''Pinjaman ini sebagai dana tunda tebang pohon,'' ujar Zulkifli, saat memberikan sambutan, Kamis.

Sehingga, kata dia, masyarakat tidak perlu melakukan penebangan pohon. Sebagai gantinya, kelompok petani itu nantinya akan memiliki usaha-usaha alternatif untuk membiayai kebutuhan sekolah maupun kepentingan lainnya.

Zulkifli menambahkan pemberian bantuan ini juga untuk menghindari aktivitas usaha menjual pasir atau menjual tanah air. ''Jika pasir habis, maka masyarakat sendiri yang susah,'' terang dia.

 

Masalah eksploitasi pasir, terang Zulkifli, juga berbahaya bagi lingkungan seperti terjadinya abrasi. Karena itu harus dihentikan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement