Rabu 25 Dec 2013 14:37 WIB

PGN Pasok Kebutuhan Gas Armada Damri

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Bis Damri
Bis Damri

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Perum Damri dalam hal penyediaan dan pemanfaatan gas bumi untuk bahan bakar bus dan truk milik Damri. Selain itu PGN juga bekerjasama dengan Kabupaten Sukabumi untuk mengembangkan infrastruktur dan memenuhi kebutuhan gas untuk transportasi dan industri di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso mengatakan, kerja sama juga akan dilakukan dengan koperasi angkutan umum terkait penyediaan dan pemasangan konverter kit. Melalui anak perusahaan PGN yakni PT Gagas Energi Indonesia bekerjasama dengan PT Jakarta Energi Utama akan membangun, mengoperasikan dan memelihara SPBG beserta fasilitas pendukungnya dan penyediaan dan pemanfaatan gas bumi untuk bahan bakar kendaraan bermotor, termasuk bus Trans Jakarta.

Hendi menerangkan, PT Gagas Energi Indonesia juga akan memenuhi kebutuhan bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan operasional milik PT Golden Energy Mines. ''Selain itu bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan CNG Indonesia (APCNGI) tentang kerjasama pemanfaatan gas bumi untuk transportasi. Kerja sama terkait pemanfaatan fasilitas kompresi gas juga dilakukan dengan PT Zebra Nusantara Tbk,'' paparnya saat meresmikan SPBG di Bekasi, kemarin.

Sementara itu, ujar Hendi, ke depan PGN akan membangun 16 SPBG dengan total investasi mencapai Rp 260 miliar. Rinciannya, 12 SPBG di wilayah Jawa Barat, 3 SPBG di Jawa Timur dan 1 SPBG di Riau. Rencananya SPBG tersebut akan beroperasi mulai tahun 2014.

 

Menurut dia, berbekal pengalaman, kemampuan dan komitmen tinggi, PGN siap menjadi lokomotif dan mendapat penugasan dari pemerintah dalam pengembangan infrastruktur gas bumi di Indonesia untuk mewujudkan konversi energi ke gas bumi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement