Senin 23 Dec 2013 21:07 WIB

Bank Mandiri Akuisisi Inhealth

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
Bank Mandiri (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/WIHDAN
Bank Mandiri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri, Kimia Farma dan Jasindo mengakuisisi anak usaha Askes, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Inhealth). Ini merupakan perusahaan jasa layanan asuransi kesehatan yang saat ini melayani 1,1 juta pemegang polis.

Mandiri akan menjadi pemegang saham pengendali dengan jumlah saham sebesar 80 persen. Sisanya dimiliki masing-masing sebesar 10 persen oleh Kimia Farma dan Jasindo. 

Proses akuisisi akan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, Bank Mandiri akan memiliki 60 persen saham Inhealth. Kimia Farma dan Jasindo masing-masing memiliki 10 persen saham sementara PT Askes akan memiliki 20 persen saham di Inhealth.

Tahap kedua akan dilakukan setelah masa transisi peralihan Askes menjadi BPJS Kesehatan selesai. Hal ini untuk memastikan bahwa segala sesuatu dalam periode transisi, khususnya setelah penerapan BPJS akan berlangsung lancar. 

Sebelum akhir periode transisi tersebut maka, sisa 20 persen saham Askes di Inhealth yang sudah diperjanjikan akan dijual kepada Bank Mandiri.

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan Askes menjual Inhealth dengan harga Rp 1,75 triliun. "Sekarang kita bayarkan sesuaikan transaksi 60 persen. Tahun berikutnya kita bayarkan sisanya 20 persen," ujar Budi, Senin (23/12).

Secara regulasi, mulai 1 Januari 2014, Askes akan berubah menjadi BPJS Kesehatan. "Perubahan itu membuat Askes tidak bisa lagi memiliki perusahaan asuransi. Di saat yang sama, kami meyakini industri asuransi kesehatan merupakan mesin pertumbuhan yang strategis karena tumbuh rata-rata 20 persen per tahun," ujar dia. 

Per September 2013, Inhealth memiliki lebih dari satu juta  pemegang polis dengan premi bruto lebih dari Rp 1,1 trilliun. Bank Mandiri pun optimis dapat menjadikan Inhealth sebagai pemimpin pasar asuransi kesehatan di Indonesia. 

Ini melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rata-rata mencapai enam persen per tahun dan healthcare expenditure yang tumbuh rata-rata 20 persen per tahun dalam satu dekade terakhir, 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement