Kamis 12 Dec 2013 09:42 WIB

'Go Public', Hilton Tawarkan Harga 20 Dolar AS per Saham

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Raksasa hotel Amerika Serikat, Hilton Worldwide Holdings, menetapkan harga penawaran umum perdana di angka 20 dolar AS per saham pada Rabu (12/12), setelah meningkatkan jumlah saham yang ditawarkan.

Hilton menawarkan 117,6 juta saham yang ditargetkan akan menghimpun dana lebih dari 2,35 miliar dolar AS. Angka tersebut menjadikannya IPO terbesar kedua tahun ini setelah Plains GP Holdings, yang "go public" pada Oktober lalu dan mengumpulkan dana 2,8 miliar dolar AS.

Dari keseluruhan saham yang ditawarkan, sebanyak 64,1 juta lembar akan dijual oleh Hilton dan 53,5 juta lembar oleh pemegang saham yang tidak diidentifikasi.  Total keseluruhan saham yang ditawarkan ke publik lebih besar dari yang semula direncanakan sebanyak 48,7 juta lembar saham. "Penjual tak diindentifikasi menyisihkan tambahan 17,6 juta saham untuk penjamin emisi untuk dibeli," kata Hilton.

Hilton telah disebut-sebut telah meningkatkan besar-besaran jumlah kamar hotel dan meningkatkan kehadiran internasionalnya sejak jaringan hotel itu dibeli oleh Blackstone Group pada 2007 seharga 25 miliar dolar AS. Blackstone mempertahankan 76,2 persen saham pengendali di perusahaan setelah IPO.

Hilton mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana hasil IPO untuk membayar utang. Selain jaringan Hilton, perusahaan juga antara lain memiliki jaringan Waldorf Astoria dan Embassy Suites.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement