Kamis 12 Dec 2013 06:19 WIB

Kisah Sukses Bisnis 'Arek Suroboyo' di Negeri Kangguru

Iwan Sunito
Iwan Sunito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi pebisnis sukses boleh jadi impian banyak orang. Apalagi sukses menasbihkan diri sebagai pebisnis di negeri orang. Salah satu 'Arek Suroboyo', Iwan Sunito mencatatkan diri sebagai salah satu orang Indonesia yang sukses di negeri Kangguru. 

Iwan tercatat sebagai CEO Crown International Holdings Group. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti. Kepada ROL, Iwan pun berbagi tips jitu untuk meraih sukses di negeri orang. 

Iwan menyebutkan ada lima kunci sukses dalam hidupnya. Pertama, belajar, ya mempelajari sesuatu hal yang kecil untuk menuju kesuksesan yang lebih besar. "Karena sesuatu yang kecil itu bibit untuk menjadi sesuatu yang besar nantinya," katanya. 

Kedua, berfikir out of the box. Maksudnya, memiliki pola pikir yang kreatif dan lain atau berbeda dari kebanyakan pemikiran orang. Ditunjang visi yang jauh ke depan karena itu penting untuk menuju langkah lebih lanjut. 

Adapaun kunci sukses ketiga versi Iwan adalah tekun dalam bekerja. Di mata Iwan, kesuksesan bisa diraih tidak dengan jalan instant. Menurutnya, diperlukan sebuah proses panjang dan jam terbang yang memadai. 

Keempat, faktor lingkungan di sekitar seseorang juga menentukan kesuksesan seseorang. Iwan mencontohkan dirinya yang pernah tidak naik kelas, lantas bergaul dengan teman-teman yang pintar dan memiliki semangat tinggi akhirnya menularkan dia untuk meraih prestasi dalam hidup. 

"Kunci sukses kelima yaitu 'I Believe I Can Fly. Saya jatuh bangun dalam bisnis ini. Lima tahun awal terutama ujian berat tapi saya komitmen hingga berujung seperti ini," ujar Iwan seraya tertawa lantaran kunci sukses yang terakhir itu sama dengan judul lagu 'I Believe I Can Fly' yang dipopulerkan R. Kelly. 

Iwan menekankan setiap orang harus mempercayai dirinya bisa terbang tinggi untuk merengkuh kesuksesan. Ia mengatakan tidak ada yang mustahil dalam hidup ini asalkan diiringi usaha keras. 

Bersama Crown International Holdings Group, Iwan sukses di bidang properti. Crown Group telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan pengembangan properti terkemuka di Australia dan saat ini memiliki portofolio proyek senilai Rp 30 triliun dalam lini usahanya.

Crown Group telah berhasil menyelesaikan lebih dari selusin pembangunan utama di Sydney, termasuk di Bondi, Bondi Junction, Parramatta, Ashfield, Epping, Homebush, Newington, Pennant Hills dan Rhodes.

Crown Group saat ini sedang mengembangkan empat proyek besar, Top Ryde City Living, pembangunan tujuh menara di Top Ryde, Viking by Crown, sebuah kompleks pemukiman 10 lantai di Waterloo, V by Crown, sebuah menara hunian 27 lantai di Parramatta dan apartemen 20 laintai, Skye by Crown di North Sydney yang diluncurkan bulan Juni 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement