Senin 09 Dec 2013 13:06 WIB

Kinerja Ekspor Cina Terus Tumbuh Pesat

Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ekspor Cina naik lebih dari yang diharapkan pada bulan November, memperkuat tanda-tanda pulihnya negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini. Pengiriman naik 12,7 persen dari tahun lalu, atau lebih besar dari kenaikan 5,6 persen pada Oktober.

Sebagian besar analis sebelumnya memperkirakan pertumbuhan hanya akan mencapai 7 persen. Pekan lalu data menunjukkan aktivitas manufaktur di Cina tumbuh di laju tercepat dalam 18 bulan terakhir pada bulan November.

Lonjakan ekspor ini dipicu oleh permintaan yang kuat dari pasar penting seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. "Ada tanda-tanda bahwa aktivitas perdagangan dan siklus global mendapatkan momentumnya, didorong oleh pemulihan di negara-negara berpenghasilan tinggi," kata Louis Kuijs, ekonom dari Royal Bank of Scotland.

"Eksportir Cina menangguk keuntungan dari itu," tambah Kuijs. Dia menuturkan pertumbuhan ekspor Cina kemungkinan akan mendapatkan dorongan lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang akibat peningkatan permintaan global.

Selama beberapa bulan terakhir Beijing juga mengumumkan langkah-langkah stimulus yang bertujuan membantu eksportir dan meningkatkan permintaan domestik. Stimulus ini termasuk keringanan pajak untuk pengusaha kecil dan pengurangan biaya untuk eksportir.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement