Sabtu 07 Dec 2013 15:46 WIB

Lion Air Buka Rute Batam-Balikpapan

Pesawat terbaru Boeing 737 MAX yang dibeli maskapai Lion Air. Lion membeli 201 unit pesawat ini dan puluhan lain pesawat 737 Next Generation. Total pembelian seharga 21,7 miliar dolar AS memecahkan rekor Boeing.
Foto: Boeing
Pesawat terbaru Boeing 737 MAX yang dibeli maskapai Lion Air. Lion membeli 201 unit pesawat ini dan puluhan lain pesawat 737 Next Generation. Total pembelian seharga 21,7 miliar dolar AS memecahkan rekor Boeing.

REPUBLIKA.CO.ID,BATAM--Maskapai Penerbangan Lion Air berencana membuka rute penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Balikpapan, Kalimantan Timur yang terhubung dengan beberapa wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

"Izin dari Kementerian Perhubungan sudah keluar. Namun untuk jadwal terbangnya belum dipastikan, meski pihak Lion mengatakan pada Desember ini," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Sabtu.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandara yang dikelola oleh BP Batam, bukan PT Angkasa Pura seperti bandara-bandara lain. Mulai Jumat (6/12) Lion Air resmi menjadikan bandara dengan landas pacu mencapai 4,025 meter menjadi penghubung (Hab) Indonesia bagian barat terutama Sumatera ke wilayah Indonesia tengah dan timur.

"Dari Balikpapan, nanti penerbangan akan dilanjutkan ke Banjarmasin, Berau, Tarakan, Manado, Palu, Makassar tanpa harus transit di Ssoekarno Hatta Jakarta," kata dia.

Djoko mengatakan, pembukaan rute tersebut bertujuan untuk memberikan waktu tempuh lebih cepat dan lebih ekonomis dibanding penumpang dari wilayah Indonesia barat terutama Sumatera daratan harus terbang ke Jakarta baru melanjutkan penerbangan ke kawasan timur.

"Tujuan lain untuk mengurangi kepadatan dan kemungkinan penundaan penerbangan bila harus transit di Soekarno Hatta yang sudah sangat padat," kata Djoko.

Djoko mengatakan selain membuka rute baru ke wilayah tersebut, Lion Air mulai 6 Desember 2013 juga membuka penerbangan langsung ke Semarang satu kali per hari.

Berdasarkan rute penerbangan Lion Air yang disampaikan BP Batam, saat ini Lion Air menerbangi rute, Batam-Sibolga, Silangit, Gunung Sitoli, Meulaboh, Banda Aceh, Loksumawe via Medan.

Selanjutnya Batam-Pekanbaru, Batam-Padang, Batam-Silangit, Batam-Jambi, Batam-Bengkulu, Batam-Palembang, Batam-Natuna, Batam-Pontianak, Batam-Surabaya, Batam-Semarang, Batam-Yogyakarta, Batam-Bandung, Batam-Jakarta, Batam-Tanjung Pandan via Pangkal Pinang.

Selanjutnya Batam-Tarakan, Berau, Banjarmasin, Manado, Palu, Makassar via Balikpapan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement