Rabu 06 Nov 2013 13:42 WIB

Gandakan Premi, ACE Jaya Proteksi Perkuat Bancassurance

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Asuransi Jaya Proteksi
Asuransi Jaya Proteksi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin penggabungan PT Asuransi Jaya Proteksi dan PT ACE Indonesia, awal bulan ini. Perusahaan baru yang kini bernama PT ACE Jaya Proteksi ini akan menggandakan usahanya di 2014 hingga di atas rata-rata industri asuransi.

Presiden Direktur ACE Jaya Proteksi Tim Shields mengatakan, penggabungan kedua perusahaan akan membuat kinerja perseroan menjadi lebih kuat di bidang asuransi properti dan kendaraan bermotor. Sebelum bergabung, ACE merupakan perusahaan asuransi yang kuat di sektor asuransi properti dan Jaya Proteksi bermain di sektor asuransi kendaraan bermotor. "Keduanya saling melengkapi," ujar Shields usai peluncuran ACE Jaya Proteksi di Jakarta, Rabu (6/11).

Penetrasi asuransi di Indonesia yang masih kecil membuat ACE Jaya Proteksi yakin bisa bersaing dengan perusahaan sejenis. Dengan pertumbuhan kelas menengah yang sangat tinggi, perseroan yakin kebutuhan asuransi properti dan kendaraan bermotor akan ikut meningkat.

Sebagai jalur distribusi, ACE Jaya Proteksi memiliki beberapa jalur seperti melalui perbankan, multifinance, broker dan penjualan langsung. Namun jalur distribusi terkuat ada di perbankan dan multifinance. Ke depan, perseroan akan memperkuat dua jalur distribusi ini untuk meningkatkan nilai perlindungan.

ACE Jaya Proteksi bekerja sama dengan setidaknya 15 perbankan dan multifinance. "Kami bekerja sama dengan perbankan besar di Indonesia, baik lokal maupun asing," ujar Shields tanpa menyebutkan nama perusahaannya. Ke depan perseroan akan menambah jumlah kerja sama ini agar target yang diharapkan dapat tercapai.

Memperkuat jalur distribusi perbankan atau bancassurance dan multifinance bukan berarti mengabaikan dua jalur distribusi lain. Shields mengatakan setiap jalur distribusi memiliki pasar tersendiri sehingga masing-masing akan bekerja sesuai tugasnya.

Penggabungan dua perusahaan ini telah dilakukan sejak September 2012. ACE indonesia mengakuisisi 80 persen saham Asuransi Jaya Proteksi dengan nilai 130 juta dolar AS secara tunai. Sebagai perusahaan asuransi terbesar keenam di dunia, ACE menawarkan asuransi umum yang meliputi asuransi properti, kendaraan bermotor, kecelakaan, dan perlindungan komersial. Jaya Proteksi dinilai menjadi partner yang ideal dan strategis bagi ACE untuk meningkatkan keberadaan ACE di pasar lokal.

Izin perusahaan dari OJK telah diperoleh pada 1 November 2013. ACE Jaya Proteksi akan memanfaatkan 30 cabang dan kantor pemasaran yang sebelumnya dimiliki Jaya Proteksi untuk memasarkan produk-produk asuransi perusahaan merjer tersebut.

Shields meyakinkan tidak ada pengurangan bisnis melalui penggabungan ini. Bahkan pegawai Jaya Proteksi tetap bekerja di bawah logo baru untuk menjangkau seluruh segmen. "Gabungan sumber daya manusia dan keahlian ini akan menjadi kekuatan untuk mempengaruhi pasar bagi entitas baru ini," kata Shileds.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement