Jumat 01 Nov 2013 14:53 WIB

Kadin Kucurkan Dana Rp 1,45 Miliar untuk UKM

Perajin UKM (ilustrasi)
Foto: nenygory.wordpress.com
Perajin UKM (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengucurkan bantuan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah sebesar Rp 1,45 miliar, sebagian di antaranya dikucurkan untuk Sumatra Selatan. "Dana tersebut di antaranya dikucurkan di Sumatra Selatan sebesar Rp 450 juta," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani dalam siaran persnya dalam rapat pimpinan nasional Kadin di Palembang, Jumat (1/11).

Dia mengatakan kucuran dana itu penting karena di tengah dinamika ekonomi Indonesia yang mengalami penurunan maka perlu permodalan. "Jadi UKM menjadi salah satu penopang ekonomi ketika krisis sehingga perlu diperkuat melaui bantuan permodalan," kata dia.

Selain itu, dengan potensi yang ada terutama masa depan Indonesia ada di daerah-daerah. Diakui Rosan, sebagian besar pelaku ekonomi terutama usaha kecil terkendala dana dalam meningkat daya saing. Sehubungan itu pihaknya merekomendasikan kepada para usaha kecil dan menengah untuk bisa mengakses permodalan melalui lembaga non perbankan.

Lebih lanjut, Rosan mengatakan, Kadin bidang perbankan dan finansial melalui program klinik bisnis usaha kecil menengah daerah selama ini tidak hanya memberikan jaminan modal kerja saja, tetapi berupaya mengedukasi para pelaku usaha. "Jadi jika sebelumnya kurang kuat sehingga nantinya bisa memiliki keuangan yang lebih baik," tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement