Kamis 31 Oct 2013 07:02 WIB

Pendapatan Facebook Naik 60 Persen

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Facebook
Foto: AP/Ben Margot
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Perusahaan jejaring sosial, Facebook melaporkan pendapatannya melonjak 60 persen menjadi 2,02 miliar dolar AS di kuartal ketiga. Laba perusahaan tercatat mencapai 425 juta dolar AS. Pendapatan dari iklan naik hingga 66 persen menjadi 1,8 miliar dolar AS.

Angka itu hampir setengah dari pendapatan iklan perangkat bergerak. "Hasil yang kuat dari pencapaian kami kuartal ini menunjukkan kami siap untuk tahap selanjutnya dalam perusahaan kami," ujar Mark Zueckerberg seperti dikutip BBC edisi Rabu (30/10).

Harga saham Facebook melonjak 15 persen beberapa jam setelah pengumuman tersebut. Harga saham perusahaan hampir naik dua kali lipat dari nilai semula sejak Juli lalu saat pengumuman kenaikan pendapatan iklan perangkat bergerak. 

Perusahaan mendorong penjualan lewat perangkat bergerak dan saat ini 874 juta dari satu miliar pengguna yang mengakses Facebook dari ponsel. Dengan peningkatan itu, perusahaan juga menjual iklan perangkat bergerak lebih banyak. 

Facebook menumbuhkan pangsa pasar iklan perangkat bergerak di AS dari hanya sembilan persen pada 2012 menjadi 14,9 persen tahun ini. Tapi, Google masih menjadi pemimpin dalam pangsa pasar tersebut. 

Di sisi lain, pertumbuhan pengguna Facebook di AS dan Kanada menurun drastis. Hal itu akan berpengaruh signifikan karena situs memperoleh pendapatan 4,19 dolar AS dari setiap pengguna di AS dan Kanada. Sementara hanya 0,74 dolar AS dari penggua Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement