Kamis 10 Oct 2013 16:59 WIB

Mitra Syariah Ramaikan Bisnis Asuransi Syariah Tanah Air

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Asuransi syariah (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Asuransi syariah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri asuransi syariah kedatangan satu pemain baru. Perusahaan Asuransi Mitra Maparya membentuk unit usaha syariah (Mitra Syariah) yang akan meramaikan jagad perasuransian syariah tanah air.

Pembentukan Mitra Syariah menjadi komitmen Asuransi Mitra Maparya berpartisipasi dalam meningkatkan  keunggulan kompetitif asuransi lokal di pasar Indonesia. Banyaknya permintaan terhadap produk asuransi syariahh juga mendorong perusahaan membentuk unit usaha syariahnya. "Produk asuransi syariah ini akan menjadi salah satu jawaban permintaan pasar. Kami sudah siap terjun ke bisnis syariah baik dari segi infrastruktur maupun kebutuhan permodalan," kata Presiden Direktur Asuransi Mitra Maparya, Joseph Angkasa di Penang Bistro, Jakarta, Kamis (10/10).

Peluncuran Mitra Syariah diawali dengan pemasaran produk perdana yaitu asuransi kendaraan bermotor syariah dan selanjutnya akan dikembangkan pada asuransi property syariah dan  asuransi alat berat syariah. Dengan Mitra Syariah, Asuransi Mitra Maparya dapat memenuhi permintaan pasar untuk produk asuransi syariah. Mitra Syariah akan dipasarkan di seluruh cabang atau perwakilan Asuransi Mitra Maparya yang tersebar di Indonesia.

Permintaan produk asuransi syariah cukup besar, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.  Sedangkan saat ini baru sedikit perusahaan asuransi yang dinilai mampu dan diberikan izin untuk memasarkan produk asuransi syariah.

Direktur Keuangan Mitra Maparya, Jasin Tjandrawidjaja mengatakan persyaratan permodalan minimum pembentukan unit usaha syariah sebesar Rp 25 miliar. "Sudah kami penuhi sejak April lalu," kata dia.

Mitra Syariah menggandeng tiga perusahaan Reasuransi yaitu PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re),  PT Maskapai Reasuransi Indonesia  (Marein)  dan Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo) sebagai mitra pendukung. Ketiga mitra pendukung ini dipilih karena memiliki kredibilitas dan kekuatan sebagai reasuradur yg handal di Indonesia.

Direktur Utama NASIONAL RE yang juga merupakan Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), M Shaifie Zein mengatakan AASI akan mendukung peluncuran Mitra Syariah oleh Asuransi Mitra Maparya ini. Sementara itu, Direktur Utama Marein, Robby Loho yakin Mitra Syariah akan berkembang dan mencapai target yang diharapkan. "Kami mendukung komitmen Asuransi Mitra Maparya dalam mengembangkan  bisnis syariahnya," ucap Direktur Reindo, Adi Pramana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement