Rabu 11 Sep 2013 16:00 WIB

Kadin: Jadikan UKM Daerah Andalan Perekonomian Nasional

Salah satu hasil produksi UKM (ilustrasi).
Foto: Antara
Salah satu hasil produksi UKM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghendaki UKM di berbagai daerah dapat menjadi andalan dalam perekonomian nasional, terutama dalam masa krisis global seperti saat ini. "Sektor UKM (usaha kecil dan menengah, red.) daerah sudah seharusnya kembali dapat menjadi andalan penopang perekonomian nasional," kata Wakil ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani, Rabu (11/9).

Menurut Rosan, kontribusi UKM bagi penguatan ekonomi daerah sangat besar sehingga semua pihak harus berupaya menguatkan UKM agar lebih produktif dan lebih berdaya saing. Ia berpendapat bahwa penguatan UKM itu sangat penting, terutama di tengah dinamika ekonomi Indonesia yang sedang mengalami penurunan. Penurunan itu, ujar dia, terindikasi dari adanya berbagai permasalahan yang dialamai, seperti defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, hingga pelemahan nilai tukar rupiah.

"UKM bisa menjadi salah satu penopang ekonomi ketika krisis dan itu sudah terbukti. Oleh karena itu, penguatan UKM harus dilakukan agar bisa berkontribusi tidak hanya bagi penguatan ekonomi daerah saja, tetapi juga nasional," katanya. Rosan menilai, dengan beragam potensi yang ada, masa depan Indonesia ada di daerah-daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement