Selasa 20 Aug 2013 19:31 WIB

Sebagian DPR Optimistis Target Lifting Minyak Tercapai, Sebagian Pesimistis

Pengeboran minyak lepas pantai.   (ilustrasi)
Foto: Republika
Pengeboran minyak lepas pantai. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tetap ada optimise dari DPR bahwa target "lifting" minyak mentah yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014 dapat tercapai.

"Kami meyakini pemerintah dapat memenuhi target 'lifting' minyak sebesar 870 ribu barel per hari yang tercantum dalam RAPBN tahun 2014," kata Ketua Komisi VII DPR RI Sutan Bhatoegana saat ditemui sebelum Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II di Jakarta, Selasa (20/8).

Menurut dia, target "lifting" minyak mentah tersebut sebenarnya bisa dicapai sejak beberapa tahun lalu bila PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) tidak mengalami masalah. Alasannya kontribusi perusahaan minyak itu sangat besar terhadap produksi minyak nasional.

"Kalau tidak ada gangguan seperti yang dialami Chevron hingga mengakibatkan negara kehilangan lifting minyak sebesar 120.000 barel per hari, saya rasa kita sudah mencapai targetnya," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa kondisi saat ini berbeda dengan zaman Orde Baru, dimana setiap ada investor yang datang, PT Pertamina langsung melakukan pembebasan lahan untuk wilayah eksplorasi minyak.

"Kalau sekarang, hal itu harus dilakukan oleh kontraktor sendiri. Belum lagi ada 'permainan' oleh beberapa oknum bupati di daerah yang sering minta 'bagian'," katanya.

Menyinggung pengaruh otonomi daerah dalam pembebasan lahan untuk eksplorasi minyak, Sutan berpendapat, peran Menteri Koordinator Perekonomian amat penting untuk mengurus masalah perizinan eksplorasi minyak di berbagai daerah.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Satya Wira Yudha menilai target "lifting" minyak yang disampaikan oleh pemerintah sebesar 870 ribu barel per hari dalam RAPBN 2014 itu kurang realitis. Pemerintah, menurut dia, seharusnya memeriksa terlebih dahulu mengenai kelebihan potensi produksi minyak di beberapa lapangan, seperti di Blok Cepu," ujarnya.

"Di Blok Cepu itu yang kita harapkan bisa meningkatkan produksi minyak nasional. Kalau itu belum dicantumkan, maka kita bisa menganggap bahwa masih ada potensi 'lifting' minyak untuk lebih dari 870 ribu barel per hari," lanjut Satya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement