Jumat 02 Aug 2013 11:32 WIB

Hendar Resmi Menjadi Deputi Gubernur BI

Gedung Bank Indonesia
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gedung Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Gubernur BI terpilih Hendar resmi menjadi Deputi Gubernur BI yang baru menggantikan Muliaman D Hadad setelah diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di Jakarta, Jumat (2/8). Pengambilan sumpah tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 89/P Tahun 2013 tanggal 27 Juli 2013 tentang pengangkatan Hendar sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Hendar terpilih menjadi Deputi Gubernur BI periode 2013-2018 dalam rapat internal Komisi XI DPR RI yang digelar pada 8 Juni 2013. Hendar yang menjabat sebagai asisten Gubernur BI itu terpilih melalui voting setelah tidak adanya kesepakatan antaranggota Komisi XI. Dari 48 anggota Komisi XI yang memberikan suara, 24 suara memilih Hendar, 18 suara memilih Treesna W Suparyono, dan lima suara memilih Mulya Siregar, sementara itu satu suara tidak sah.

Hendar adalah pria kelahiran Bandung 1957 yang meraih gelar Sarjana Ekonomi Universitas Padjajaran. Ia juga meraih gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar doktor bidang ekonomi Universitas Padjajaran.

Hendar memulai karier di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.

Acara pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, para Ketua Muda MA, Hakim Agung, Gubernur Bank Indonesia beserta jajarannya, para pejabat eselon I dan II pada MA dan Bank Indonesia, selain tamu undangan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement