Kamis 18 Jul 2013 16:24 WIB

Bumi Plc Teken Perjanjian Perpisahan dengan Keluarga Bakrie

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Kantor Bumi Plc di London, Inggris.
Foto: Reuters
Kantor Bumi Plc di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan tambang Bumi Plc telah setuju menjual 29,2 persen sahamnya di PT Bumi Resources Tbk kepada Grup Bakrie. Bumi Plc setuju menjual kepemilikan saham tersebut senilai 501 juta dolar AS secara tunai.

Dalam siaran pers di situs resmi Bumi Plc yang dikutip ROL, Kamis (18/7), perjanjian ini merupakan tahap awal pemisahan Keluarga Bakrie dari Bumi Plc. Setelah seluruh transaksi selesai, pemisahan ini akan memungkinkan perusahaan untuk menjual sahamnya di Bumi Resources dan menyetujui pemisahan dengan Bumi Plc.

Sebagai kompensasi, Bumi Plc akan mendapatkan dana lebih dari 500 juta dolar AS dalam bentuk tunai. Dana tunai ini akan dikembalikan dalam bentuk proporsi yang substansial kepada pemegang saham dalam waktu dekat. Bumi Plc juga akan melakukan restrukturisasi lebih lanjut, termasuk penunjukkan chairman independen baru.

Bumi Plc merupakan perusahaan buatan Grup Bakrie dan pengusaha Nathaniel Rothschild. Namun keduanya berseteru hebat setelah ada dugaan penyelewengan dana. Rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa Bumi Plc akhirnya menyetujui pemisahan Grup Bakrie dengan perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement