Selasa 16 Jul 2013 12:06 WIB

CIMB Niaga Gandeng JCB Terbitkan Kartu Kredit

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Kartu Kredit (ilustrasi)
Kartu Kredit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT JCB International Indonesia menjalin kemitraan di bidang penerbitan kartu kredit dan bisnis merchant acquiring. Hal ini seiring dengan peningkatan jumlah komunitas pebisnis dan wisatawan dari Jepang yang datang ke Indonesia.

Pengembangan bisnis merchant acquiring di Indonesia akan menyediakan platform bagi penggunaan kartu kredit JCB di Indonesia. JCB dan CIMB Niaga akan meluncurkan bisnis merchant acquiring pada Juli 2013. Jakarta dan Bali menjadi area pertama yang difokuskan dan siap menerima kartu kredit JCB sebagai alat pembayaran.

Dengan menggandeng JCB sebagai penerbit kartu kredit baru, CIMB Niaga dapat menawarkan lebih banyak lagi produk kartu kredit kepada segmen nasabah berpendapatan tinggi. Banyaknya toko dan gerai yang menerima kartu JCB di kawasan Asia Timur, khususnya Jepang, Korea dan Cina, memungkinkan pemegang CIMB Niaga JCB Credit Card dari segmen ini menikmati berbagai keuntungan, mengingat banyak dari mereka yang bepergian ke negara-negara tersebut.

CIMB Niaga dan JCB akan menerbitkan kartu kredit CIMB Niaga JCB pada awal 2014. Pemegang kartu akan memperoleh banyak manfaat dan keuntungan menarik, khususnya saat bepergian, berbelanja dan bersantap.  "Terjalinnya kemitraan dengan salah satu bank Indonesia terkemuka menjadi langkah maju luar biasa bagi JCB dalam upaya meningkatkan kehadirannya di pasar ini," ucap Direktur JCB Internasional, Hiroshi Terada dalam siaran pers yang diterima ROL, Selasa (16/7).

Menurutnya, CIMB Niaga merupakan bank dengan pertumbuhan yang pesat di bisnis kartu kreditny. Banyak manfaat yang ditawarkan, khususnya manfaat bagi nasabah di segmen premium seperti fasilitas golf dan santap mewah. JCB dapat memberikan manfaat lainnya berupa layanan khusus yang dapat diperoleh di berbagai negara di seluruh dunia, dan akan memenuhi kebutuhan nasabah CIMB Niaga. Jaringan merchant CIMB Niaga akan memberikan kenyamanan lebih bagi pemegang kartu JCB yang berkunjung ke Indonesia dari luar negeri maupun yang menetap di Indonesia.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Samir Gupta mengatakan, kemitraan dengan JCB menjadi wujud komitmen CIMB Niaga untuk menyediakan produk lebih beragam dan inovatif bagi nasabah. CIMB Niaga menjadi salah satu bank di Indonesia yang membentuk unit kerja khusus kawasan Jepang (Japan Desk) dan merupakan salah satu bank yang mengadakan hubungan usaha dengan kalangan perbankan di Jepang.

Mengingat kartu kredit JCB banyak digunakan di negara-negara Asia Timur, terutama di Jepang, Cina dan Korea, menjadi alasan CIMB Niaga untuk menjalin kerjasama dengan JCB di Indonesia. Selain itu, dengan pertumbuhan industri perjalanan di Indonesia yang pesat dan makin banyaknya warga Indonesia yang bepergian ke luar negeri, menjadikan kartu kredit JCB sebagai produk tepat untuk konsumen di segmen tersebut.

"Saya yakin CIMB Niaga dan JCB dapat bekerja sama mengembangkan bisnis kartu kredit dalam kemitraan ini," ujar Samir. Dia berharap kerja sama CIMB Niaga-JCBI akan membuat nasabah tahu tentang kartu CIMB Niaga dan memperbesar jumlah pemegang kartu kredit serta meningkatkan portofolio produk kartu CIMB Niaga.

JCB merupakan salah satu perusahaan pembayaran terbesar di dunia sekaligus penerbit dan bank penanggung (acquirer) kartu kredit terkemuka di Jepang. Bisnis kartu mulai dijalankan JCB di Jepang pada 1961. Perusahaan mulai merambah ke negara lain pada 1981. Jaringan merchant-nya mencapai lebih dari 23 juta merchant dan satu juta lebih unit penarikan dana tunai yang tersebar di 190 negara dan wilayah. Kartu JCB diterbitkan di 16 negara dan wilayah. Nasabahnya sendiri mencapai lebih dari 80 juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement